Memasang Bendera Setengah Tiang Lagi, Perlukah?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Berakhirnya pemasangan bendera setengah tiang pada masa berkabung atas wafatnya BJ Habibie telah berakhir, Sabtu (14/9), perlukah masa perpanjangan pemasangan diperpanjang selama beberapa hari atau bulan?

Perpanjangan masa pemasangan bendera setengah tiang ini terkait dengan kondisi Komisi Pemberantasan Korupsi saat ini, jika dipandang perlu?

Dua bola panas KPK, yang satu dari KPK sendiri dan yang satu lagi dari DPR yang keduanya kini dalam pelukan Presiden Jokowi.

Pertanyaannya, masihkah presiden mau memeluk dan menimang-nimang bola panas KPK di pangkuannya? Mau sampai kapan menahan kedua bola panas tersebut?

Kondisi semacam inilah merupakan uji nyali sekaligus uji kredibilitas dan kapasitas presiden sendiri. Solusi baik buruknya atas keputusan yang diambil akan menjadi potret baik buruknya pemerintahan Jokowi pada akhir periode pertama ini yang tinggal menghitung hari.

Jika masih gamang melepas dua bola panas KPK dalam pangkuannya, layakkah kiranya ada imbauan lagi untuk memasang bendera setengah tiang lagi selama beberapa hari atau bulan?

Penulis: Tardjono Abu Muas
Baca juga :