Kasihan.. Indonesia Jadi Tuan Rumah Pameran Teknologi, Esemka Nggak Diajak


[PORTAL-ISLAM.ID]  Indonesia akan menjadi negara mitra pameran teknologi industri Hannover Messe 2020 mendatang.

Namun dalam pameran ini, pemerintah tidak mengajak mobil Esemka untuk ditunjukkan kepada masyarakat internasional. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto beralasan tidak ikutnya mobil Esemka ini karena produksinya masih kecil.

“Esemka kan belum produksi, jadi ditingkatkan dulu,” katanya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat 20 September 2019.

Namun, Airlangga justru akan mengikutsertakan PT Gesits dalam pameran tersebut sebagai kendaraan listrik buatan dalam negeri.

“Ya, nanti ada beberapa teknologi berbasis listrik, seperti Gesit, itu akan kami bawa, kemudian teknologi baterainya, ini kerja sama dengan Panasonic,” jelasnya.

Tak hanya itu, beberapa sektor yang akan dibawa nantinya dalam pameran tersebut antara lain otomotif, elektronik, tekstil, kimia, makanan dan minuman terutama yang sudah berbasis industri 4.0.

“Jadi nanti ada kendaraan berbasis listrik, light house, proyek percontohan yang sudah diakui di World Economic Forum, sudah ada dua, yaitu Schneider Electric dan Petrocy,” tambahnya.

Dia melanjutkan, persiapan pemerintah terkait Hannover Messe sudah sangat matang. Kementerian-kementerian terkait sudah dibekali tanggungjawab dengan masing-masing tugas yang akan dilaksanakan.

“Persiapan Hannover Messe tadi dibahas antar kementerian, sehingga nanti akan berbagi tugas dalam pembentukan panitia nasional. Pengarahnya Menko Perekonomian dengan wakil Kementerian Perindustrian, dan perwakilan dari kementerian lain menjadi bagian dari kepanitian secara nasional,” tutupnya.

Sumber: Tempo
Baca juga :