IM Gelar Konferensi Internasional di Turki Bahas Ideologi Terkini


[PORTAL-ISLAM.ID]  Istanbul – Organisasi Ikhwanul Muslimin (IM) akan menggelar konferensi internasional di Kota Istanbul, Turki. Konferensi dengan judul: “Ikhwanul Muslimin: Keaslian Gagasan dan Kesinambungan Pesan” ("جماعة الإخوان المسلمون.. أصالة الفكرة واستمرارية الرسالة") ini akan digelar pada Sabtu dan Ahad, 14-15 September 2019.

Seperti dilansir dari portal Arabi21.com pada Senin (09/09/2019), konferensi yang dijadwalkan dihadiri lebih dari lima ratus ilmuwan, peneliti, dan pakar dalam urusan dunia Islam, ini membahas delapan pembahasan yang berkaitan dengan ideologi dan visi IM pada banyak masalah intelektual, advokasi, masyarakat, dan masalah politik.

Hal utama yang dibahas dalam konferensi ini terkait dengan watak dakwah IM, yaitu: Siapa kami? apa yang kami inginkan? pandangan IM terhadap reformasi dan perubahan di masyarakat, pertengahan dan moderat sebagai tiang pondasi manhaj dan ideologi jamaah, manhaj IM dalam amal jama’i serta cara untuk membangun tarbiyah individu dan masyarakat.

Konferensi ini juga akan membahas visi IM dalam membangun negara, sikapnya terhadap kewarganegaraan dan pandangannya tentang hak-hak orang lain yang melanggar keyakinan dan sikap resmi, dan batasan dalam berdemokrasi dan pemindahan kekuasaan secara damai dan beradab.

Pembahasan lain dalam konferensi yang rencananya dihadiri perwakilan 20 negara ini mengenai “posisi IM pada permasalahan keadilan seperti masalah Palestina, dan dimensi manusia dalam dakwah IM, dan peran IM dalam mendukung hak-hak masyarakat dan advokasi minoritas Muslim.”

Konferensi diharapkan mampu menjawab banyak pertanyaan mengenai gerakan IM, termasuk: “Apa saja proyek yang diinginkan? Apa tantangan dan bahaya di sekitar proyek ini? Apakah ada peluang untuk keberhasilannya di lapangan?, dan apa pendekatan IM terhadap reformasi dan perubahan?” mengapa IM menegakkan cara damai untuk perubahan dan terus-menerus menekankan non-kekerasan? ”

Diharapkan bahwa konferensi akan mengeluarkan pernyataan akhir yang mengkonfirmasi posisi dan visi Ikhwan dalam isu-isu yang dibahas. Diharapkan juga bahwa sebuah buku akan didistribusikan selama konferensi.

Sumber: Arabic21.com/Kiblat.net

Loading...