Area Monas Jadi Lintasan Formula E, INI Komitmen Anies


[PORTAL-ISLAM.ID]  Area Monumen Nasional atau Monas akan disulap menjadi arena balap untuk perhelatan Formula E yang akan dilaksanakan pada 6 Juni 2020 mendatang.

Hebatnya lagi balapan bergengsi berskala internasional itu akan diselenggarakan selama lima tahun berturut-turut di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta menyampaikan dengan digelarnya ajang balapan Formula E ini, diharapkan juga turut menggerakan perekonomian di Jakarta.

"Ini merupakan kegiatan sport tourism. Artinya pariwisata berbasis olahraga. Yang bisa memberi manfaat ekonomi kepada masyarakat Jakarta lintas sektor," ujar Anies saat konferensi pers di Lapangan Monas, Jakarta, Jumat 19 September 2019.

Anies yang ditemani Alberto Longo selaku Chief Championship Officer Formula E bercerita, sejauh ini track lintasan masih dalam tahap digambar dan dikaji apakah rute balapan juga akan menggunakan area luar Monas atau tidak.

"Komitmen kita, pertama sesedikit mungkin menggangu tanaman yang ada. Kedua, sesedikit mungkin mengubah rute lalu lintas dan ketiga sesedikit mungkin mengeluarkan biaya tambahan untuk membangun trek lintasan, " terang Anies.

Formula E dikenal sebagai ajang balap mobil listrik yang menggunakan jalanan perkotaan sebagai arena balap.
Sudah ada 12 kota di dunia yang menggelar ajang ini, antara lain Hong Kong, Roma, Paris, Berlin, New York, dan lainnya.

"Mobil Formula E mengirimkan pesan pada semua bahwa masa depan transportasi adalah bebas emisi. Dan Jakarta sebagai kota terbesar di belahan selatan dunia harus bisa menjadi pionir dalam mobilitas penduduknya, " jelas Anies.

Oleh karena itu, Anies menyampaikan Jakarta berkomitmen untuk bisa mendorong lebih banyak masyarakat  menggunakan kendaraan berbasis energi sustainable, dalam hal ini berbasis listrik.

Sumber: RMOL
Loading...