PKS Yakin Gerindra Jadi Oposisi, Ini Kata Fadli Zon


[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan partainya siap sendirian berada di luar pemerintahan meski dirinya yakin Gerindra tak akan bergabung ke koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf alias jadi oposisi. Menanggapi itu, Waketum Gerindra Fadli Zon mengatakan keputusan berkoalisi atau jadi oposisi diserahkan ke Prabowo Subianto.

"Kita melihat dan sudah mengambil keputusan bahwa menyangkut masalah penjajakan koalisi atau berada di luar pemerintahan itu diserahkan ke Ketua Dewan Pembina yaitu Pak Prabowo," kata Fadli, Selasa 6 Agustus 2019 malam.

Fadli menyatakan Prabowo bakal mempertimbangkan banyak hal sebelum menentukan sikap partai. Salah satu yang disebutnya menjadi pertimbangan Prabowo ialah bagaimana visi dan program Gerindra bisa diimplementasikan ke depannya.

"Tentu Pak Prabowo juga mempertimbangkan kalau ini demi kepentingan bangsa dan negara dan memang diperlukan dan kita bisa berbuat dengan visi misi maupun program yang kita miliki itu bisa terakomodasi dan bisa dieksekusi itu artinya kita memberikan suatu platform pada kepentingan yang lebih besar. Kepentingan bangsa dan kepentingan rakyat," ujarnya.

Dia menyebut masih ada waktu untuk mempertimbangkan sikap politik hingga pemerintahan baru dibentuk pada Oktober mendatang. Fadli menegaskan hubungan Gerindra dengan PKS sangat baik.

"Tidak ada masalah. Kita suda bekerja sama bertahun-tahun dalam berbagai peristiwa besar politik. Jadi kita mempunyai komunikasi politik dan silaturahim politik yang sangat baik," ujarnya.

Sohibul sebelumnya menyatakan PKS siap jika nantinya sendirian berada di luar koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf alias jadi oposisi. Sohibul mengatakan PKS menjalankan logika dasar demokrasi dengan adanya check and balance. Sohibul juga menyinggung Gerindra, yang disebutnya sudah ada proses bergabung ke pemerintah.

"Kami melihat partai lain tidak ada yang siap. Ya udah, kami lah. Ya kalau sekarang Gerindra sudah ada proses ke sana (merapat ke pemerintah), ya, udah kami sebagai the last resource. Kita ini tumpuan terakhir dari terbangunnya demokrasi yang berkualitas," ujar Sohibul Iman di Hotel Mercure Jakarta Batavia, Jakarta Barat, Senin 5 Agustus 2019.

Meski demikian, dia yakin Gerindra yang dipimpin Prabowo tak akan merapat ke pemerintah. Sohibul yakin Prabowo akan ingat ajakannya untuk tetap menjadi oposisi.

"Khusus untuk Gerindra, saya berulang kali tegaskan sebagai sahabat, saya masih punya keyakinan ujung-ujungnya nggak kok, dia (Gerindra) nggak ke sana, insyaallah bersama PKS," ucap Sohibul.

Sumber: Detik
Loading...