Pengamat: Manfaatnya untuk Bangsa Lebih Banyak Jika Prabowo Oposisi


[PORTAL-ISLAM.ID]  Direktur Eksekutif Parameter Indonesia Adi Prayitno menyebut, sebagian besar pendukung Prabowo Subianto lebih menginginkan Ketua Umum Gerindra dan anggota koalisinya tetap berada di luar pemerintah sebagai oposisi.

Sikap sebagai oposisi, kata Adi,  menurut sebagian besar pendukungnya akan memberi banyak manfaat untuk bangsa.

"Kecenderungan pendukung Prabowo memang terlihat ingin di luar kekuasaan, manfaatnya lebih banyak.  Selain sebagai penyeimbang yang kredibel, Prabowo bisa tetap mempertahankan ceruk pemilihnya," jelas Adi kepada 28 Juli 2019.

Lebih lanjut Adi mencontohkan, sikap kritis Sandiaga Uno, Rachmawati Soekarnoputri dan elite eks Koalisi Adil Makmur itu adalah bagian kecil dari sebagian besar pendukung yang ingin tetap menjadi oposisi pemerintah.

Andai dipaksakan gabung ke Kabinet Jokowi di periode kedua, Adi memprediksi Prabowo akan ditinggalkan oleh pendukung fanatiknya.

"Potensial ditinggal pendukungnya. Pendukung yang kecewa itu bisa apatis ke politik mungkin pula pindah ke lain hati," tukas DOsen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Untuk diketahui, indikasi Prabowo dan gerbong Gerindra akan merapat ke Pemerintahan Jokowi nampak saat Jokowi bertemu pada Sabtu 14 Juli 2019 di salah satu mall di Jakarta.

Selanjutnya Prabowo dijamu oleh Megawati Soekarno Putri di Kediamannya Jalan Teuku Umur, Menteng Jakarta, 24 Juli 2019.

Prabowo tampak akrab dan terus menerus saling memuji. Para elite politik dari PDIP dan Gerindra juga sering melontarkan pujian dan bernostalgia soal eratnya hubungan politik mereka saat berduet dalam Pilpres 2009. 

Sumber: RMOL
Baca juga :