Hukum Anjing Memasuki Masjid


[PORTAL-ISLAM.ID]  Umat Islam marah atas ulah orang kafir masuk masjid dengan membawa anjingnya...

EHHH... malah ada yang ngebelain orang kafir, bawa-bawa kisah badui, juga bawa-bawa hadits tentang hukum anjing masuk masjid.

Telah diriwayatkan oleh Ibnu Umar bahwa: "Anjing keluar-masuk masjid Rasulullah Saw dan kencing di dalamnya, dan mereka (para shahabat) tidak memercikkan (membersihkan nya) dengan air." (HR. Bukhari).

Perkataan Ibnu Umar ini berlaku pada awal-awal Islam.

Dijelaskan oleh Imam al Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam kitab Fathul Bari:

قال الحافظ ابن حجر في الفتح: والأقرب أن يقال: إن ذلك كان في ابتداء الحال على أصل الإباحة، ثم ورد الأمر بتكريم المساجد وتطهيرها وجعل الأبواب عليها

"Pendapat yang paling dekat pada kebenaran adalah, pada awalnya anjing tidak mengapa masuk masjid, namun kemudian ketika ada perintah memuliakan masjid dan perintah mensucikannya (dari najis anjing), maka dibuatlah pintu-pintu masjid (untuk menghalangi masuknya anjing)."

Hal itu juga diisyaratkan oleh al Ismaili dalam sebuah riwayat dari jalur Ibnu Wahab yang juga terkait dengan hadis Ibnu Umar.

Disini Ibnu Umar mengisyaratkan bahwa peristiwa masuknya anjing ke dalam masjid terjadi pada masa-masa awal dibangunnya masjid, setelah itu diperintahkan untuk memuliakan masjid.

Maka, dengan keterangan ini tertolaklah pandangan yang menjadikan hadis ini sebagai dalil yang menyatakan anjing adalah suci.

Sumber: Islamweb
loading...
Loading...