Erupsi Tangkuban Perahu Terjadi, Pasca Upacara Adat 'Ngertakeun Bumi Lamba'


[PORTAL-ISLAM.ID] Erupsi Tangkuban Perahu Terjadi Pasca Upacara Adat 'Ngertakeun Bumi Lamba'

Gunung Tangkuban Perahu Erupsi

Gunung Tangkuban Perahu mengalami erupsi pada Jumat (26 Juli 2019) sore, sekitar pukul 15.48 WIB. Ketinggian kolom abu dari Gunung Tangkuban mencapai 200 meter dari atas puncak atau 2.284 meter di atas permukaan laut.

"Telah terjadi erupsi Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat pada tanggal 26 Juli 2019 pukul 15:48 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 200 m di atas puncak (sekitar 2.284 m di atas permukaan laut)," tulis BNPB di akun Twiter-nya.

Berdasarkan pengamatan, kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal bergerak condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi ± 5 menit 30 detik.

[video]


Link: https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/19/07/26/pv8w27354-gunung-tangkuban-parahu-erupsi-masyarakat-diminta-waspada

***

Upacara Adat 'Ngertakeun Bumi Lamba'

Minggu, 23 Juni 2019, ratusan orang penganut kepercayaan menggelar upacara adat di Gunung Tangkuban Perahu, Bandung Barat, Jawa Barat. Rangkaian ritual upacara ini digelar sebagai wujud syukur atas berbagai berkah yang dimiliki Indonesia. Upacara ini dihadiri oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Link: https://www.metrotvnews.com/play/k8oC9APz-upacara-adat-ngertakeun-bumi-lamba-dihadiri-peserta-dari-berbagai-daerah

[video]
Baca juga :