Naik Mobil Bak Terbuka, Anies Ikut Takbiran Keliling di Tanah Abang


[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menaiki mobil bak terbuka milik Dinas Perhubungan DKI dan berbaur dengan warga di jalanan saat takbiran keliling, Selasa 4 Juni 2019 malam. Anies berkeliling di seputaran wilayah Oasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan Suara.com, Anies mengenakan baju muslim berwarna biru dan menaiki mobil dishub bersama Wali kota Jakarta Pusat Bayu Megantara.

Anies dan Bayu sempat menabuh bedug sembari mengumandangkan takbir di sepanjang Jalan KH Mas Mansyur hingga ke Pasar Tanah Abang.

Kehadiran keduanya di tengah jalanan membuat warga yang sudah memenuhi jalan merayakan takbiran keliling semakin semarak, kembang api dan kumandang takbir terus diteriakkan sepanjang jalan.

Mantan Mendikbud ini mengatakan kegiatan takbir dalam umat muslim memang sudah dianjurkan untuk dilakukan, sehingga ia tidak akan melarang kegiatan takbir keliling, terlebih takbir keliling sudah menjadi tradisi rakyat Indonesia.

"Takbiran itu adalah bertakbir sepanjang malam itu sudah disunnahkan, kita di Indonesia punya kebiasaan untuk mengadakan takbir keliling, ini sebuah tradisi yang dulunya kita menggunakan obor keliling kampung karena waktu itu belum ada lampu merayakan malam kemenangan," kata Anies di Rusunawa KS Tubun, Palmerah, Jakarta Barat, Selasa 4 Juni 2019.

Maka dari itu, Mantan Mendikbud itu berharap Jakarta bisa menjadi rumah bagi siapa saja yang tinggal di dalamnya.

Pemprov DKI, kata Anies, tidak bisa melarang kegiatan takbir keliling, mereka hanya memastikan keamanan Ibu Kota tetap terjaga.

"Kita mengijinkan untuk kegiatan takbiran ini dilaksanakan dan kita ingin agar warga merasakan ini adalah tanah mereka sendiri, ini adalah rumah mereka sendiri, jangan mereka seakan berada di tanah asing dimana mereka tidak boleh melaksanakan," kata dia.

"Yang menjadi kebiasaannya selama ratusan tahun, izinkan warga Jakarta menjadi tuan rumah di tanahnya sendiri dan inilah yang sekarang kita kembalikan di Jakarta," tegas Anies.

Sumber: Suara

Baca juga :