TRAGEDI 22 MEI, 6 Korban Tewas, 200 Luka-luka


[PORTAL-ISLAM.ID]  Kawasan Tanah Abang yang berdekatan dengan kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menjadi lokasi yang terdampak dalam kericuhan Selasa (21/5/2019) malam hingga Rabu 22 Mei.

Massa di sekitar kantor Bawaslu yang berkumpul sejak Selasa siang membubarkan diri dengan tertib usai mendapat imbauan dari aparat keamanan usai pelaksanaan salat tarawih.

Mobil komando utama massa aksi pun bergerak menuju timur melalui jalan Wahid Hasyim. Kendati sempat ada provokasi oknum yang melempar benda keras ke barikade polisi, situasi tetap terkendali karena massa tidak bertindak lebih lanjut.

Pada pukul 20.55 WIB titik konsentrasi massa sudah menghilang dan hanya tersisa segelintir peserta yang masih bertahan.

Menjelang pukul 22.00 WIB petugas kepolisian satuan anti huru-hara membubarkan kerumunan massa yang kembali. Massa pun sempat berupaya merusak kawat berduri yang merupakan barikade ring satu di depan ke depan kantor Bawaslu. Selain itu massa juga turut memprovokasi aparat dengan yel-yel dan menyanyikan lagu dengan lirik menyindir.

Setelah sebelumnya sempat memecah kerumunan massa dengan bambu dan tameng, mobil meriam air, juga mobil pengurai massa, polisi kemudian mengamankan sejumlah orang.

Polisi juga sempat bertindak tegas dengan merangsek ke arah kerumunan massa. Beberapa orang lain kemudian diamankan dan dibawa ke dalam kantor Bawaslu.

Situasi tersebut memang sempat membuat konsentrasi massa terpecah ke arah Jalan Sabang, Jalan Wahid Hasyim dan ada pula yang tidak beranjak di depan Gedung Sarinah.

Malam kian larut, massa dan polisi masih terus bentrok. Upaya diskusi tokoh masyarakat dan perwakilan polisi tidak menemui titik temu.

Massa di Jalan Wahid Hasyim memilih tetap berada di sekitar depan Artotel pada pergantian hari Selasa ke Rabu. Polisi pun melontarkan gas air mata yang kemudian dibalas dengan batu dan benda lainnya.

Kerumunan mulai mundur setelah 40 personel bermotor turun ke jalan. Tetapi situasi tersebut tidak berjalan lama karena bentrok kembali terjadi di persimpangan Jalan Wahid Hasyim dan Jalan Mas Mansyur atau tepat berada di depan Blok A Tanah Abang. Kali ini gas air mata dari polisi berbalas batu dan mercon.

Sekitar pukul 02.00 WIB, massa masih melakukan perlawanan. Selama lebih kurang satu jam bentrok berlangsung sengit, polisi pun kemudian juga menggunakan mercon.

Di kawasan perbelanjaan terbesar di Jakarta tersebut juga sempat terlihat kepulan asap. Massa terlihat membakar benda-benda.

Kerusuhan tersebut belakangan menelan korban jiwa. Seorang warga bernama Farhan Syafero (30) menjadi korban tewas akibat tertembak di depan Pasar Blok A Tanah Abang.

Direktur RS Budi Kemuliaan Fahrul W Arbi mengatakan korban masih bernapas saat dilarikan ke rumah sakit. Kondisinya saat itu Fahrul tertembak di dada dengan peluru yang menembus ke belakang. Namun nyawanya tak tertolong setelah diresusitasi.

Mendekati waktu subuh aparat memutuskan mundur. Komandan mereka memberi perintah agar semua personel mundur ke depan kantor Bawaslu. Api yang sempat berkobar pun dipadamkan mobil meriam air dan pemadam kebakaran.

Setelah subuh, situasi mereda. Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum pun tampak mulai membersihkan area sekitar Tanah Abang dan Bawaslu yang dipenuhi pecahan kaca, bekas petasan, botol minum.

Pihak Rumah Sakit Budi Kemuliaan menyebut korban tertembak akibat kerusuhan di sekitar Tanah Abang, Jakarta, semalam, tak cuma seorang. Total, ada 17 pasien yang diterima RS tersebut dengan luka tembak di betis, tangan, sendi bahu, dan bahkan sampai ada yang dikirim ke RS Tarakan karena perlu tindakan bedah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan sudah ada enam orang yang meninggal dunia.

"Korban sejauh ini ada 6 korban meninggal. Di RS Tarakan ada 2. Kemudian di Pelni. Dan di RS Budi Kemuliaan RSCM dan di RS AL Buntoharjo," kata Anies di RSUD Tarakan, Rabu (22/5) pagi.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti mengatakan ada satu korban di RS Pelni, 2 korban di Budi Kemuliaan, 1 korban di Bintoharjo dan 1 korban di RSCM.

Selain itu, ada sekitar 200 orang yang luka-luka dan dilarikan ke sejumlah rumah sakit. Pihak runah sakit juga mengerahkan ambulan di titik-titik kerusuhan dan membawa korban langsung ke rumah sakit jika dibutuhkan.

Sumber:
https://cnnindonesia.com/nasional/20190522075753-20-397214/tragedi-22-mei-tanah-abang-berujung-peluru-tembus-dada-warga
https://cnnindonesia.com/nasional/20190522093922-20-397244/anies-sebut-enam-orang-tewas-dalam-kerusuhan-aksi-22-mei

Baca juga :