Surat Terbuka Rizal Ramli Untuk Jokowi


[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden Widodo yang terhormat:

Selama beberapa hari terakhir, Indonesia telah mengalami serangkaian peristiwa traumatis dan menyedihkan. Polisi telah menanggapi ratusan ribu demonstran. Menyatakan hak mereka untuk berkumpul dan untuk memprotes apa yang mereka yakini sebagai pemilihan curang, dengan kekuatan brutal. Orang yang tidak bersalah telah dipukuli atau ditembaki, banyak yang terluka parah, sementara yang lain tewas secara tragis.

Tidak ada tanda-tanda bahwa rakyat Indonesia, yang hanya membela hak-hak demokratis mereka, akan diintimidasi oleh kebrutalan ini. Sebaliknya, semakin pemerintah bertindak dengan kekerasan. Semakin banyak hasrat yang akan meradang dan membawa kita ke jalan konflik sipil yang lebih banyak. Ini adalah sesuatu yang tidak diinginkan siapa pun dan tidak melayani kepentingan. Dan, itu harus dihindari dengan segala cara yang diperlukan untuk mengamankan masa depan yang lebih cerah bagi negara dan warga negara kita.

Untuk membawa perdamaian dan ketertiban bagi negara kita, serta menjaga demokrasi kita, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil di kantor kepresidenan Anda.

Pertama, pemerintah Anda harus menahan diri untuk tidak mengkriminalisasi oposisi, terutama atas tuduhan pengkhianatan. Sebagai presiden, Anda harus tahu lebih baik bahwa tindakan pengkhianatan yang sejati memerlukan penggunaan senjata dalam upaya untuk menggulingkan pemerintahan. Tokoh oposisi tidak pernah menganjurkan tindakan seperti itu. Dan sebagai patriot, mereka juga tidak akan pernah melakukannya. Sebaliknya, mereka, seperti banyak orang lain, telah mendukung masyarakat untuk menggunakan hak konstitusional mereka untuk berkumpul dan memprotes secara damai terhadap apa yang mereka yakini sebagai pemilihan curang.

Jika pemerintah Anda terus menggunakan tuduhan makar sebagai alat intimidasi dan penindasan, Anda harus berhati-hati dengan konsekuensinya. Itu hanya akan mengeraskan pendapat para kritikus bahwa Anda dan administrasi Anda tidak memiliki niat untuk menyelesaikan perselisihan ini secara adil dan tidak memihak. Itu hanya akan memperkuat kehendak rakyat untuk membela dan melindungi demokrasi mereka. Dan dalam analisis akhir, itu akan merusak lebih banyak kerusakan pada legitimasi Anda sebagai presiden.

Kedua, adalah keharusan mutlak bahwa Anda memerintahkan aparat keamanan agar tidak menggunakan kekuatan mematikan terhadap para pemrotes. Pejabat polisi membantah penggunaan amunisi hidup, dan mereka menuduh pihak ketiga berada di belakang penembakan orang tak bersalah. Namun klip video di media sosial menceritakan kisah yang sama sekali berbeda.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa Anda dapat membodohi orang-orang pada suatu saat, tetapi tidak setiap saat. Namun di era media sosial, sekarang hampir mustahil untuk membodohi orang. Selain menembaki orang, kami telah melihat pasukan keamanan menggunakan kekuatan yang tidak masuk akal dan brutal terhadap demonstran. Kami telah melihat orang-orang yang terluka parah berbaring di jalan-jalan dan dibawa ke rumah sakit.

Sebagai imbalannya, kami hanya mendengar pejabat pemerintah dan polisi berbicara tentang ‘aktor intelektual’ dan provokator yang tidak terlihat adalah mereka yang bertanggung jawab untuk mengobarkan kekerasan. Dengan melakukan itu, pemerintah Anda sekali lagi mengungkapkan dirinya sebagai tidak jujur ​​dan anti-demokrasi.

Kekerasan seperti itu oleh polisi hanya menimbulkan kemarahan dan anarki di jalan-jalan kita. Karena itu, penting bagi Anda, sebagai presiden. Untuk mengambil langkah pertama mende-eskalasi situasi genting ini dengan memastikan komando senior polisi mengambil semua langkah yang diperlukan. Untuk memastikan mereka tidak menggunakan kekuatan mematikan terhadap para pemrotes.

Ketiga, dan yang paling penting, Anda harus mencari penyelesaian perselisihan pemilihan presiden yang adil dan adil. Bagaimanapun, perselisihan ini adalah akar dari protes dan konflik yang tidak menguntungkan yang kita hadapi saat ini. Dan bagaimana penyelesaiannya akan memiliki dampak yang tidak terhapuskan pada masa depan demokrasi kita.

Pada saat yang sama, masyarakat Indonesia dan Anda sepenuhnya sadar. Bahwa lembaga pemerintah dan sistem pengadilan kami tidak kebal terhadap politik uang dan sering bertindak untuk kepentingan elit, bukan rakyat. Oleh karena itu Anda harus mengambil setiap tindakan pencegahan yang diperlukan. Untuk memastikan proses mengungkap kebenaran tentang penipuan belum dikenakan kecurigaan lebih banyak tentang permainan curang, dalam hal ini oleh pengadilan.

Untuk ini, saya telah mengusulkan dan meminta pemerintah untuk mengarahkan KPU untuk membuka data untuk audit forensik yang akan dilakukan oleh tim yang bersama-sama menunjuk kedua belah pihak. Sangat penting pemerintah setuju untuk menuntut audit forensik. Dengan melakukan itu, mereka akan membuktikan kepada masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional. Bahwa mereka bertindak dengan itikad baik dan menginginkan resolusi damai.

Ini adil dan masuk akal, dan seharusnya tidak ada alasan yang baik bagi pemerintah untuk menolak permintaan ini: Lagi pula, jika pemilu itu adil, seperti yang dikatakan pemerintah, maka mengapa mereka harus takut KPU menjadi sasaran mengaudit?

Sebagai penutup, sebagai teman dan mantan menteri Anda, saya harus mengatakan saya memiliki keyakinan. Bahwa Anda akan ingat bahwa pendakian Anda ke kursi kepresidenan pada tahun 2014 disambut dengan kegembiraan dan harapan untuk Indonesia yang lebih baik. Sekarang, hampir lima tahun kemudian, Anda duduk di titik kritis. Karena bagaimana Anda mengelola krisis nasional ini akan menentukan warisan Anda sebagai presiden. Dengan harapan terbesar saya, seperti halnya untuk semua orang Indonesia. Anda akan bertindak dengan bijak dan demi kepentingan bersama bangsa.