Prabowo: Pernyataan Hendropriyono Rasis dan Mengadu Domba


[PORTAL-ISLAM.ID]  Calon presiden Prabowo Subianto menyebut pernyataan Hendropriyono yang menyinggung warga keturunan Arab, adalah rasis dan berpotensi mengadu domba masyarakat.

"Pernyataan saudara Hendorpriyono yang singgung masalah keturunan warga negara Indonesia dimana kami lihat bahwa pernyataan itu bersifat rasis dan berpotensi untuk mengadu domba dan pecah belah antar anak bangsa," kata Prabowo dalam keterangan pers di Kertanegara, Rabu (8/5).

Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Hendropriyono kepada wartawan pada Selasa (7/5), melontarkan peringatan kepada Habib Rizieq Shihab dan Yusuf Martak agar tidak merusak tertib sosial di dalam negeri.

Dalam pernyataan itu Hendro juga mengungkit warga Indonesia keturunan Arab. Dia berkata banyak warga keturunan Arab mendapat penghormatan dari masyarakat. Oleh karena itu dia meminta warga keturunan Arab tidak melakukan provokasi atau ajakan turun ke jalan.

"Kalau di kampung-kampung kita masih bisa lihat orang Arab datang ke kampung-kampung pada cium tangan. Berarti posisinya mereka kan berada pada tempat yang dimuliakan, mereka kemudian langsung atau tidak langsung terakui sebagai pemimpin informal, informal leader," kata Hendropriyono.

"Jangan malah memprovokasi revolusi, memprovokasi untuk turun melakukan gerakan politik jalanan. itu inkonstitusional," ujarnya menambahkan.

Menurut Prabowo ucapan Hendropriyono itu memprihatinkan karena terdapat nada ancaman. Apalagi, itu keluar dari orang yang dekat dengan lingkar kekuasaan. [CNNIndonesia]

[video]
Baca juga :