KABUR DIKEJAR PENGUASA ZALIM


K A B U R

Kisah pemuda Kahfi konon karena mereka dikejar-kejar penguasa yang zalim di masanya. Mereka sepakat kabur melarikan diri tidak mau dipenjara. Entah pasal apa yang menjerat mereka.

Yang jelas mereka sempat lolos dan menghilang lenyap entah kemana.

Lalu mereka akhirnya sembunyi di dalam sebuah gua yang besar. Merasa sudah aman dari resiko penangkapan, mereka pun tidak berniat kembali.

Lalu mereka ditidurkan Allah selama 300 tahun lamanya, ditambah 9 tahun lagi. Drama pengejaran mereka pun selesai. Para pemuda itu sudah tidak ada lagi nampak batang hidungnya.

Ceritanya pun selesai. Negeri dan kerajaan itu pun berlalu dari garis sejarah. Sampai kemudian para pemuda itu terbangun 309 tahun kemudian, para pengejarnya sudah tidak ada lagi. Keadaan sudah aman.

* * *

Kisah ini sarat dengan keunikan dan perlambang. Al-Quran surat Al-Kahfi sama sekali tidak menceritakan bagaimana nasib penguasa yang mengejar mereka. Juga tidak ada penjelasan apa kesalahan para pemuda itu, sehingga dikejar-kejar mau ditangkap.

Hanya disebutkan bahwa mereka adalah pemuda yang beriman dan ditambahkan petunjuk. Tapi apakah penguasanya kafir atau tidak, tidak ada keterangan.

Penyebab para pemuda itu kabur pun rada gelap, apakah kena pasal subversi, perbuatan tidak mnyenangkan, atau aksi-aksi heroik, ataukah cuma diminta jadi saksi. Apakah sudah ada vonis pengadilan ataukah baru dimintai keterangan. Ayatnya sama sekali tidak bicara itu.

Selebihnya berhenti di wilayah penafsiran yang versinya sangat beragam. Satu dan lainnya bisa banyak berbeda.

Jum'at, 12 Ramadhan 1440

(Ustadz Ahmad Sarwat, Lc.MA)

Loading...