Di antara 10 Penyakit Umat Islam


[PORTAL-ISLAM.ID]  Di antara 10 penyakit Umat Islam (rangkuman Syaikh Muhammad Al Ghazali, wafat 9 Maret 1996):

1) Celaka umat ini ketika dipegang kendali kepemimpinan oleh orang-orang bodoh serta menghina dan merendahkan mereka yang punya kapabilitas.

2) Pemaksaan kepada orang lain untuk melakukan kebaikan tidak serta merta menjadikannya baik, sebagaimana memaksa seseorang untuk beriman tidak otomatis menjadikannya seorang mukmin (kebebasan adalah dasar dan puncak segala kebaikan).

3) Lenyapnya Israel mestilah terlebih dahulu melenyapkan organisasi dan lembaga-lembaga Arab yang hanya tertawa terbahak menyaksikan bangsanya dan kehancuran umatnya.

4) Aku tak paham kenapa umat Islam begitu semangat bergelora atas suatu kekalahan pertandingan olah raga, namun bungkam dan tak pernah merasa atas segala kemunduran peradaban dan degradasi sosial.

5) Keber-agamaan yang pura pura dan terselubung justru lebih berbahaya ketimbang ateis anti Tuhan yang terang terangan.

6) Sesungguhnya Fir'aun dan Raja raja otoriter yang "dituhankan" ada, karena ada rakyat yang menyembah dan mengalu alukan mereka tanpa sadar.

7) Penegakan keadilan sosial di satu negeri yang miskin tak ubahnya seperti membangun prinsip adab dan pekerti di negeri yang kacau moralnya.

8) Kerusakan rakyat disebabkan kerusakan penguasanya. Kerusakan penguasa dikarenakan kerusakan para Ulama. Jika bukan karena dukungan para Hakim curang dan Ulama suu' (buruk), tentu penguasa buruk tak akan leluasa melakukan kejahatannya.

9) Jika engkau ingin mengubah suatu keadaan yang salah, maka persiapkan terlebih dahulu alternatif pengganti, sebelum engkau bergegas mengubah keadaan salah tersebut.

10) Telah dimaklumi dalam sejarah kebangkitan, bahwa kebangkitan dalam tradisi berfikir mestilah mendahului segala aktivitas sosial politik.

Loading...