Yenny Wahid Sebut Karakter Jokowi Seperti Gus Dur, Warganet: Nyari Duit Gak Gitu-Gitu Amat Lah


[PORTAL-ISLAM.ID]  Putri mantan presiden RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang biasa dipanggil Yenny Wahid mengatakan sosok calon presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki karakter yang sama dengan sosok almarhum ayahnya, Gus Dur. Karena itulah sehingga dia mendeklarasikan dukungannya kepada Jokowi-Maruf.

"Ada tiga hal karakter Jokowi yang mengingatkan saya pada sosok Gus Dur, yakni Jokowi orang yang berani, Jokowi orang yang sederhana, dan ketiga Jokowi orang yang menghadirkan keadilan sosial bagi rakyat, sama dengan Gus Dur," kata Yenny di sela-sela kampanye terbuka yang dihadiri calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo di Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin sore.

Menurutnya, Gus Dur menghadirkan keadilan sosial dengan cara memberikan hak dasar dari masyarakat. Seperti hak dasar untuk diakui dan dilindungi oleh negara apapun latar belakang, agama, suku dan budaya. Sedangkan Jokowi menghadirkan keadilan sosial dengan cara memberikan kebutuhan dasar dari rakyat seperti kartu Indonesia pintar (KIP), negara hadir untuk rakyat miskin dengan layanan kesehatan seperti JKN-KIS, sehingga pihaknya mendukung Jokowi penuh.

"Pak Jokowi memperjuangkan keadilan sosial masyarakat, sama seperti Gus Dur. Pak Jokowi menghadirkan kebutuhan masyarakat, Gus Dur menghadirkan hak rakyat," kata Yenny disambut tepuk tangan puluhan ribu peserta kampanye Jokowi-Maruf Amin di Jember seperti dilansir Republika.

Menanggapi pernyataan Yenny, warganet pun berkomentar.

"mba @yennywahid seingat saya alhm Gusdur merupakan salah satu bapak reformasi yang bisa menengahi  dan mendamaikan kericuhan yg terjadi saat reformasi dan tidak mengkotakkan setiap kubu untuk bertentangan. jika anda memang benar mengenali alm Gus Dur. coba mba perhatikan bagaimana jokowi berpidato diberbagai tempat hingga terakhir di jogjakarta, alm Gusdur sosok yg damai & jenaka dan berseberangan dengan sosok petahana yg haus kekuasaan dgn amarah. harap mba lebih bijak dlm berbicara di publik jgn mba menggadaikan prestasi alm," cuit @prabowo_april.

"Mbak... ojo merendahkan bapakmu dewe... opo gus dur gawene ngapusi? Ora to?..." cuit @thenmustyudhi.

"Nyari duid gak gitu-gitu amat lah," cuit @Rijalul_id.

"Orang kata gusdur sendiri, pemimpin yg ikhlas itu prabowo," cuit @karnof79.
Baca juga :