Sandiaga Hadiri Haul Akbar Guru Sekumpul Bersama Jutaan Jama'ah


[PORTAL-ISLAM.ID] Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri Haul Ke-14 ulama kharismatik asal Kalimantan Selatan, Muhammad Zaini Abdul Ghani Al Banjari atau dikenal dengan panggilan Guru Ijai atau Guru Sekumpul, Minggu (10/3/2019).

Jutaan orang menghadiri haul tersebut. Jalan sepanjang lima kilometer penuh dengan massa yang berzikir. Sandiaga tiba di Banjarmasin 18:30 WITA setelah sebelumnya menghadiri acara bersama milenials di Sabuga Bandung.

Mengenakan peci putih, koko putih dan sarung, Sandi memutuskan berhenti untuk berjalan dan masuk Mesjid Nurul Falah yang jaraknya masih sekitar 4 hingga 5 kilometer dari pusat acara, Mushola Ar Raudhah, untuk mengikuti zikir. Karena tidak memungkinkan menembus lautan manusia yang memenuhi jalan.

“Luar biasa. Lautan manusia. Ini menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar. Kita lihat saja geliat ekonomi di haul ini. Semua hotel penuh, dari kelas melati hingga berbintang. Setiap bus yang terparkir membawa tamu-tamu, pasti belanja, untuk makan atau sekedar membeli oleh-oleh,” ucap Sandi.

Sebelumnya Sandi juga pernah berziarah ke makam Guru Ijai November tahun lalu.

Perwakilan Panitia Haul Akbar Guru Sekumpul, Fauzan Asniah pun memperkirakan total jamaah yang menghadiri gelaran tahun ini jauh lebih besar lagi, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Diperkirakan dihadiri lebih 2 juta jama'ah.

“Melihat pada hari sebelumnya, hingga saat ini puncaknya, volume jamaah yang datang sungguh luar biasa. Ini bisa terlihat dari tempat duduk dan parkir yang penuh semuanya. Harapan kami semua bisa berjalan dengan tertib dan sukses,” kata Fauzan Ansiah kepada awak media, Minggu (10/3/2019).

[video-video]