Ketua DPRD Asal PDIP Tolak Penjualan Saham Bir, Anies Adukan ke Warga DKI


[PORTAL-ISLAM.ID]  Ketua DPRD DKI Jakarta dari PDIP Prasetio Edi Marsudi menolak penjualan saham Pemprov di produsen Anker Bir, PT Delta Djakarta Tbk (DLTA). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut tetap akan menjual saham tersebut.

"Ya kita coba terus. Kita berniat melaporkan itu, kita laporkan kepada rakyat Jakarta bahwa wakil-wakil Anda ingin tetap memiliki saham bir biar nanti warganya juga yang ikut menyampaikan aspirasi," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (5/3/2019), seperti dilansir detikcom.

Anies mengaku akan melaporkan anggota Dewan DKI yang menolak penjualan saham produsen Anker Bir kepada warga DKI.

"Kalau menurut warga memang sesuai aspirasi wakilnya, kita akan jalan terus. Tapi kalau warga tidak setuju, sampaikan ke Dewan. Jadi Dewan itu kan wakilnya rakyat ya. Jadi ketika wakil rakyat tidak menyetujui, ya kami lapor ke rakyat," jelas dia.

"Ini Dewan Anda ingin punya saham bir terus, ingin punya untung dari uang bir," imbuh Anies.

Gubernur Anies sudah menyurati DPRD DKI pada 2018 untuk menyampaikan rencana penjualan saham Delta Djakarta. Namun surat itu diabaikan Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi.

Setelah suratnya diabaikan, Anies tidak pernah mengomunikasikan lagi rencananya tersebut kepada Prasetio.

"Enggak ada (komunikasi), cuma menyurati, enggak saya tindaklanjuti," ujar Prasetio, seperti dilansir Kompas.

Prasetio merasa dividen yang didapat dari saham PT DLTA setiap tahunnya bisa menambah APBD DKI.

PT Delta Djakarta merupakan pemegang lisensi produksi dan distribusi beberapa merek bir internasional.

Pemprov DKI sudah menanam saham di perusahaan itu sejak 1970. Rata-rata, PT Delta menyumbang keuntungan Rp 38 miliar setiap tahun.

Pemprov DKI baru saja menggabungkan kepemilikan saham atas nama Pemprov DKI dan Badan Pengelola Investasi Penanaman Modal DKI Jakarta (BP IPM Jaya) sebesar 26,25 persen.

Penggabungan saham itu menjadi salah satu proses untuk menjual saham Delta Djakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta Riyadi mengatakan, pelepasan saham Pemprov DKI di Delta Djakarta ditargetkan tahun ini.

"Ancar-ancarnya memang tahun ini," ucapnya.

Namun proses penjualan saham bir ini terkendala Ketua DPRD DKI asal PDIP.