Duka Mendalam Warga Selandia Baru atas Musibah yang Menimpa Muslim


[PORTAL-ISLAM.ID] Seumur hidup...baru kali ini saya melihat warga di negara mayoritas non muslim (Selandia Baru) sangat berduka dan terpukul atas musibah warganya yang muslim.

Saya catat sejak tanggal 15 Maret hingga hari ini kedukaan warga Cristchurch terus berlangsung dan sangat saya rasakan walau jauh dari mereka. Dua hari lalu jemaah di sebuah gereja di Cristchurch mengumpulkan sepatu, sandal, dll milik korban yang berhamburan, kemudian mereka cat putih semua dan disusun didepan pintu gereja mereka, mereka berkata sebagai penghormatan dan rasa berduka yang dalam.

Hal lain adalah bergemanya bacaan Al-Quran di parlemen mereka, dua hari berturut-turut suku Maori melakukan tarian Haka (untuk menyatakan belasungkawa yang dalam), belum lagi senandung-senandung doa ala kristiani di halaman mesjid, karangan bunga yang berjibun, setiap malam ada doa bersama dengan tradisi kristiani pake lilin, para wanita non muslimnya memakai kerudung, menjaga muslim yang sedang sholat wajib didalam masjid, memberi sumbangan materi kepada korban, bahkan ada yang menawarkan menjadi orang tua asuh  kepada anak yang ditinggalkan ayahnya akibat wafat dalam musibah itu.. dll... dan puncaknya Jum'at kemarin ribuan warga non muslim Selandia Baru dengan Perdana Menterinya hadiri Shalat Jumat..

Andai yang melakukan semua ini muslim saya anggap hal yang wajar...tapi ini non muslim... berbagai agama dan etnis disana sangat-sangat ber empati..

Saya mencoba mencari tau mengapa mereka begitu merasa kehilangan seperti itu??..mungkin mereka bersama-sama pernah merasakan musibah demi musibah yang menimpa mereka sehingga rasa empati mereka saling berkaitan satu sama lain di warga Christchurch. Beberpa musibah di kota ini:

1. Tahun 2010 tepatnya tgl 14 September, kota Christchurch mendapat musibah gempa berkekuatan 7+sc yang kemudian disusul tragedi liquifaksi yang menimbun ratusan warga dan mengangkat bebatuan yang diperkirakan 400.000 ton menutupi sebagian kota..3.000 bangunan hancur dan sekitar 6.800 jiwa terluka dan kehilangan tempat tinggal..

2. Tgl 22 Pebruari 2011 kembali terjadi gempa yang merusak kota Cristchurch. Kondisi kota rusak parah saat itu menewaskan 185 jiwa...salah satu menara gereja terbesar di kota itu roboh dan menimpa jemaahnya.

3.  Tgl 13 Juni 2011 lagi-lagi gempa berkekuatan 6+ menghantam kota Christchuch kembali dan korban 1 jiwa.

Tragedi gempat berturut-turut itu lah yang mungkin mempererat rasa kemanusiaan mereka...hingga kini kota Christchurch selalu terjadi gempa walau dalam skala ringan...

Saya pernah membaca ketika gempa itu banyak toko-toko rubuh...sehingga mereka kesulitan bahan pangan dan kain...ketika itu masuk musim dingin...beberapa warga ditampung di masjid-masjid yang masih layak huni...salah satunya mesjid Al Noor yang diserang teroris kemarin...

Semoga peristiwa ini menjadi pelajaran bagi kita semua dalam menghayati makna "rahmatal'alamiin"...

Semoga manfaat...

(Laila Nahwa Harun)