[ANALISA] Seperti Mahathir, Pendukung Militan Akan Bikin Prabowo Menang


[PORTAL-ISLAM.ID]  Pilpres di Indonesia bisa bernasib sama dengan di Malaysia, di mana petahana ditumbangkan oleh penantangnya.

Calon presiden Prabowo Subianto diyakini mampu akan mengalahkan calon presiden petahana, Joko Widodo seperti Mahathir Mohamad menumbangkan petahana Malaysia, Najib Razak.

Pada bulan Mei lalu, Mahathir Mohamad berhasil meraih kemenangan mengejutkan. Dia mampu mengalahkan Najib Razak dengan mengendarai gelombang kekecewaan oposisi kepada Razak yang sedang menghadapi tuduhan korupsi terkait dengan dana 1MDB.

Gelombang serupa, kata Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu juga bisa terjadi di Indonesia.

“Keinginan untuk perubahan mendapatkan momentum dalam sebulan terakhir atau lebih karena orang-orang bosan dengan Jokowi,” ungkap DR Rizal Ramli dalam analisa yang dimuat Bloomberg (22/2/2019).

“(Belum lagi) suara sebagian besar umat muslim bisa juga menentang Jokowi, karena tokoh-tokoh agama terkemuka ditarget lantaran mengkritik pemerintah,” kata mantan Menteri Kemaritiman era Jokowi itu.

Termasuk kekecewaan dari kalangan kelas menengah lantaran Jokowi gagal memenuhi janji pertumbuhan ekonomi 7 persen.

“Karena apa yang telah dilakukan Jokowi di bidang ekonomi, dan karena ketidakadilan dalam hal hukum terhadap sejumlah umat muslim,” terangnya.

Diakui RR, dana kampanye Prabowo-Sandi memang lebih sedikit dibanding rivalnya. Tapi dia melihat ada sesuatu keajaiban yang terjadi di luar kekuatan uang.

“Para pendukungnya menjadi lebih militan dan itu akan membawanya meraih kemenangan,” tegasnya.

“Mahathir dan Anwar Ibrahim mengalahkan Najib juga lewat militansi pendukung mereka,” demikian Rizal Ramli. [Bloomberg]
Loading...