Qatar, Negara Kecil Yang Menjuarai Piala Asia AFC 2019


[PORTAL-ISLAM.ID] Final Piala Asia AFC 2019 antara Jepang Vs Qatar telah berlangsung di Zayed Sport City Stadium, Abu Dhabi UEA, tadi malam Jumat (1/2/2019).

Laga Final Piala Asia AFC 2019 berhasil dimenangkan Qatar yang mengalahkan Jepang dengan skor 3-1. Tiga gol Qatar ditorehkan Almoez Ali gol cantik di menit 12 dengan selebrasi sujud syukur, Abdulaziz Hatem (menit 27), Akram Afif (menit 83).

(Almoez Ali selebrasi sujud syukur usai cetak gol pertama bagi Qatar)

Final pertama bagi Qatar berbuah manis dengan membawa pulang tropi Piala AFC 2019.

Qatar menjadi negara kesembilan yang mampu menjuarai Piala Asia sekaligus merupakan negara terkecil. Luas wilayah negara Teluk ini sebanding dengan Pulau Bangka dan populasinya 2,7 juta jiwa.

Selain membawa tropi Piala Asia AFC 2019, Qatar pulang dengan berbagai catatan apik selama menjalani kompetisi.

Pelatih mereka, Felix Sanchez merupakan orang Spanyol pertama yang membawa Tim Asia Barat menjuarai kompetisi Piala Asia AFC.

Felix Sanchez juga berhasilkan mengawinkan Piala AFC Timnas Qatar U-19 tahun 2004 dengan Timnas Senior Qatar 2019.

Pemain lini depan Qatar, Almoez Ali yang menyumbangkan 9 gol untuk Qatar pada Piala Asia AFC 2019 menjadi topskor dalam kompetisi.

Torehan sembilan gol Almoez Ali juga melampaui torehan gol yang pernah dicatat Ali Daei dengan delapan gol dalam satu putaran kompetisi Piala Asia AFC.

Sejak babak penyisihan hingga babak final Piala Asia AFC 2019, Qatar hanya kebobolan satu gol. Gol tersebut tercipta pada laga final melawan Jepang.

[Video - Highlights: Japan 1-3 Qatar (AFC Asian Cup UAE 2019: Final)]