Membongkar Trik Licik Bot Pendukung Petahana


[PORTAL-ISLAM.ID]  Beberapa waktu belakangan, di lini masa media sosial twitter muncul banyak kejanggalan pada cuitan akun twitter pendukung petahana. Kejanggalan itu berupa kode khusus yang terdapat pada awal cuitan.

Beberapa cuitan dengan kalimat seragam hingga ke titik koma yang dulu diblast dalam waktu bersamaan, kini dibedakan dengan adanya kode khusus di depan cuitan.  Konten cuitannya masih sama, berisi fitnah dan kampanye hitam mengenai paslon no 02 Prabowo-Sandi.

Warganet yang penasaran pun menanyakan hal itu kepada Ismail Fahmi, seorang Social Network Analyst sekaligus CEO PT. Media Kernels Indonesia.

"Numpang tanya mas @ismailfahmi Kalo ada akun yg posting pake "kode2x unik" begini di awal postingannya tu indikasi apa ya ?," tanyanya.

Ismail pun menjawab pertanyaan warganet itu. Ia menyebut fenomena penggunaan tanda unik itu ialah trik agar twitter tidak mendeteksi pengirim tweet sebagai bot. Tanpa penggunaan kode, bot akan dibanned oleh twitter.

"Itu trick agar Twitter tidak bisa mendeteksi bahwa yg ngirim bot. Tanpa itu, bot2 akan dibanned sama Twitter," cuit pria yang beken dengan drone emprit-nya ini.
Berikut komentar warganet.

@RiyoWidianto1: Ooow gtu ya tricknya ternyata...thank you mas

 @vestiikawa: Betul, karena bot nya pake proxy murahan, maka di unik kan dengan kode di depan.

 @tukang_pakang: Gilak, botnya pake iphone, gede banget modalin bot ckckckckcck