Erdogan Serukan Dunia Bersatu Merdekakan Palestina


[PORTAL-ISLAM.ID] ISTANBUL - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan memberi semangat kepada ratusan anggota parlemen yang hadir di acara The Second Conference of The Asociation of Parlementarians for AlQuds di Istanbul Turki, Jum'at (14/12/2018).

Pidatonya selama hampir dua jam lebih dengan suara lantang, Erdogan menyerukan untuk bersatu, bersama mengakhiri penderitaan rakyat Palestina yang sudah terjadi sekian lama.

"Anda datang kesini tidak hanya mewakili diri sendiri, tapi Anda datang mewakili jutaan ummat Islam di dunia untuk membela nasib bangsa Palestina," kata Erdogan dalam pidatonya.

"Sesungguhnya AlQuds bukan hanya tanggung jawab rakyat Palestina. AlQuds adalah harga diri, kehormatan dan kemuliaan dunia Islam yang tidak bisa ditawar. AlQuds adalah urusan kita bersama," tegas Erdogan.

Ratusan anggota parlemen dari beberapa negara, hadir dalam acara tersebut.

Pertemuan regional antar anggota parlemen dunia yang membahas soal Palestina, parlemen Indonesia diwakili oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan, dua Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah, politisi PKS Jazuli Juwaini dan beberapa anggota parlemen lain.

Sebelumnya, Ketua MPR Zulkifli Hasan dalam pidatonya di acara itu memuji Erdogan sebagai pemimpin terdepan yang ikut bersama dengan negara belahan dunia lain, membela Palestina.

"Di Indonesia, Erdogan begitu terkenal sampai ke kampung-kampung," puji Ketua Umum PAN itu.

Dalam pidatonya Erdogan juga mengingatkan sejarah, saat orang-orang Yahudi terusir dari Spanyol di Abad 13, kemudian mendapat perlindungan di Turki.

Simak pidato Erdogan: