Sandiaga Uno: 2019 Saatnya REFERENDUM EKONOMI INDONESIA!


[PORTAL-ISLAM.ID] Jakarta – Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat bagi bangsa Indonesia untuk bangkit memperbaiki sektor ekonomi warganya. Salah satunya adalah dengan cara mereferendum kebijakan ekonomi yang selama ini ada.

Mantan Wakil Gubernur DKI tersebut menyampaikan hal ini saat menjadi pembicara pada acara dialog kebijakan publik yang diselenggarakan oleh Paramadina Publik Policy Institute (PPPI) dan TIS Intelligence bertemakan “Pro Business or Pro Market? Defining The Right Public Policy for Indonesia” di The Grove Suite, Kuningan, Jakarta, Kamis 22 November 2018.

"Tahun 2019 sudah saatnya menjadi tahun referendum ekonomi. Kita perkuat kebijakan. Jangan sampai puluhan tahun ke depan kita masih disebut the country of the future,” ujar Sandiaga Uno.

Alasannya kata Sandi, sejak dulu kebijakan ekonomi yang dibuat selalu berubah-ubah dan berdampak terhadap dunia bisnis, investasi dan masyarakat secara luas. Untuk merumuskan referendum kebijakan ekonomi tersebut, Sandi menekankan pentingnya dialog antara pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan lainnya agar menghasilkan kebijakan yang tepat.

“Pro Bisnis adalah kebijakan di mana pemerintah memberikan preferensi kepada badan usaha tertentu, sedangkan Pro Market adalah kebijakan yang memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pelaku usaha. Pro Bisnis bukan kebijakan yang tepat karena tidak mendorong perusahan untuk menjadi lebih kompetitif,” katanya.

Ia mengatakan, untuk itu, semua pelaku usaha termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta dan usaha menengah dan kecil (UMKM) harus menjadi lokomotif perekonomian Indonesia di masa depan.

Pada kesempatan itu, Sandi juga menjelaskan bahwa kebijakan publik yang baik juga penting untuk pemberantasan korupsi. Melalui kebijakan publik yang baik, potensi korupsi dapat diminimalisir dari awal.

"Korupsi itu ada di hilir dan kebijakan publik itu adalah hulunya. Jika hulunya sudah baik, maka hilirnya akan ikut baik," pungkas Sandiaga Uno.

Sebelumnya, Sandiaga Uno juga menjadi pembicara di acara Indonesia Economic Forum di Sangri-La Hotel, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

[Berikut cuplikan paparan Sandiaga Uno saat menjadi pembicara di acara Indonesia Economic Forum]