[ILC] Dr. Psikiater Hubertus: Kasus RS Murni Kejiwaan, Semua Orang Akan Tertipu


[PORTAL-ISLAM.ID] Acara ILC tvOne tadi malam, Selasa (9/10/2018), membahas topik yang lagi hangat soal Kebohongan Ratna Sarumpaet.

Salah satu nara sumber adalah Dokter dan Psikiater Hubertus Kasan Hidajat.

Hubertus mengatakan RS panik dengan hasil operasi plastik yang kurang bagus, kepanikan ini yang membuat dia mengarang cerita.

"KASUS INI GIMANA? Kalau kita melihat pada waktu hasil operasi kurang bagus, terjadi reaksi panik, itu sering terjadi pada orang panik. Dia panik gak tau harus gimana. Lalu timbul ide yang tidak pikir panjang, karena waktu itu masih status panik, dia akan dengan semangat dengan berani mengatakan hal-hal yang sifatnya seperti sungguh-sungguh terjadi. Dan kita tidak akan mudah membedakan itu dengan kebohongan, dan semua orang psikiater pun akan terjebak seolah-olah itu benar."

"Jadi kita gak bisa mengatakan Pak Prabowo, Pak Amien Rais tertipu. Semua orang akan tertipu, karena dia bicara secara alami sekali."

"Terus bagaimana kenapa kok tiba-tiba terjadi hal ini? Orang yang mengalami hal ini dia punya mood naik turun, pada waktu dia lagi semangat dia hantam terus (mengarang cerita), besoknya down, depresi. Pada waktu dia depresi, dia takut, lalu dia ngaku semua. Itu yang terjadi."

"Jadi ini bukan drama atau apa, ini memang gejala kejiwaan, dan perlu bantuan, dan juga bukan maunya dia."

"Jadi murni apa yang terjadi pada ibu Ratna Sarumpaet itu, itu masalah kondisinya dia seperti itu, dan bukan niatnya dia untuk melakukan hal itu, itu hanya reaksi kepanikan yang terjadi pada seseorang, ini perlu bantuan psikiater."

Simak video penjelasan dokter dan psikitaer Hubertus di ILC: