Presiden Erdogan Resmikan Masjid Megah di Kota Cologne, Pusat Kejayaan Islam di Jerman


[PORTAL-ISLAM.ID] Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan meresmikan salah satu masjid termegah di Eropa di kota Cologne, Jerman, Sabtu (29/9/2018).

The Cologne Central Mosque ini dibangun dan dijalankan oleh Persatuan Islam Turki untuk Urusan Agama (DITIB), sebuah asosiasi payung Muslim Turki-Jerman yang mewakili sekitar 900 kelompok Muslim Turki di Jerman. DITIB melakukan kerja komunitas dan menawarkan pelatihan untuk para imam.

Jerman memiliki populasi Muslim terbesar kedua di Eropa Barat setelah Prancis. Hampir 4,7 juta Muslim ada di Jerman, dimana tiga juta berasal dari Turki. Banyak dari mereka adalah generasi kedua atau ketiga dari keluarga Turki yang bermigrasi ke Jerman pada 1960-an, dan terintegrasi dengan baik di negara ini.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dalam sambutannya saat peresmian, bahwa masjid di Cologne berdiri sebagai simbol perdamaian dan berterima kasih kepada pemerintah Jerman karena telah mengizinkan pembangunannya meski sempat diwarnai protes.

Presiden Erdogan melakukan kunjungan resmi kenegaraan di Jerman selama tiga hari didampingi oleh Menteri Keuangan Berat Albayrak, Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu, dan Menteri Teknologi dan Industri Mustafa Varank.

[Video - Erdogan Resmikan Masjid Cologne]

[Video - Cologne, Pusat Kejayaan Islam di Jerman]