Pemerintah Ngotot Impor Beras Tetap Jalan Meski Ditolak Bulog


[PORTAL-ISLAM.ID] Kementerian Perdagangan (Kemendag) menegaskan impor komoditas beras tetap berlangsung, meski sebelumnya sempat ada 'suara berbeda' dari dinyatakan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog).

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan impor beras tetap berjalan sesuai keputusan yang telah ditetapkan dalam rapat koordinasi di tingkat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sebanyak 2 juta ton hingga akhir tahun ini.

Hal ini juga ditandai dengan Persetujuan Impor (PI) yang telah dikeluarkan oleh kementeriannya. "Tetap berjalan. Buktinya PI-nya tidak saya cabut," ucap Oke di kantornya, Selasa (18/9).

Persetujuan impor beras sebanyak dua juta ton diberikan secara bertahap, yakni 500 ribu ton sebanyak dua kali pada Januari dan Maret 2018, dan satu juta ton pada April 2018.

Guna memuluskan sisa impor beras yang belum masuk, Kemendag telah mengeluarkan perpanjangan izin impor pada Juli dan Agustus 2018 sesuai permintaan Bulog.

Berdasarkan data Kemendag, impor beras yang telah masuk ke dalam negeri hingga paruh pertama tahun ini mencapai 1 juta ton. Sedangkan untuk semester kedua ini tepatnya hingga lalu, sekitar 300 ribu ton beras tercatat sudah masuk. Dengan demikian, total impor beras yang sudah masuk hingga saat ini mencapai 1,3 juta ton dari target 2 juta ton.

Link: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180918151048-92-331133/pemerintah-sebut-impor-beras-tetap-jalan-meski-ditolak-bulog

Stok Beras Bulog 2,4 Juta Ton, Buwas: Jangan Ada Impor Lagi

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) mengatakan stok beras yang dimilikinya saat ini berjumlah 2,4 juta ton. Hingga akhir tahun, diperkirakan stok beras Bulog mencapai 2,3 juta ton.

"Kita tidak lagi men-supply, untuk tahun ini untuk rastra hanya tinggal 100.000 hingga akhir tahun jadi kita hanya minus 100.000 dari 2,4 juta ton tadi. Jadi kalau nggak ada supply masuk lagi berarti kita cuma 2,3 juta ton," ujar Buwas di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu (19/9/2018).

Buwas mengatakan bahwa dengan jumlah tersebut, maka tidak diperlukan impor beras lagi tahun ini.

"Tolong ini nggak ada impor baru. Saya minta izin impor baru ini jangan," tutur Buwas.

Link: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4218840/stok-beras-bulog-24-juta-ton-buwas-jangan-ada-impor-lagi