Perekam Video Dugaan Kristenisasi di Lombok Diperiksa Polisi, Warganet Serukan 'Save Dewi Handayani'


[PORTAL-ISLAM.ID] Puluhan orang dari berbagai ormas Islam di Lombok, berkumpul di Kantor MUI Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mereka mengantar Dewi Handayani, pengambil video rekaman dugaan kristenisasi di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara ke Polda NTB.

"Kami hanya mengantar Dewi untuk diperiksa oleh Polisi. Insya Allah hari ini semoga selesai ya," kata ketua MUI NTB, Prof. KH. Saiful Islam, Jumat (31/8/2018), seperti dilansir faktakini.com.

Dia juga meminta rombongan untuk bersikap santun. "Tidak ada orasi, tidak ada yang teriak-teriak. Kita hanya memberikan dukungan moral," katanya.

Sementara itu, Penasihat Hukum Dewi, Joko Jumadi mengatakan, kedatangan Dewi hari ini ke Polda untuk diminta keterangannya terkait video yang dia ambil.

"Insya Allah berdasarkan pandangan tim kuasa hukum, Dewi aman," ungkapnya.

Untuk itu dia meminta kepolisian bersikap adil dengan memeriksa juga orang-orang yang ada di dalam video yang diambil Dewi.

"Jangan-jangan yang meresahkan justru orang-orang yang ada di dalam video," pungkasnya.

Laporan Pendamping Dewi

Sementara itu, laporan dari pihak yang mendampingi Dewi Handayani menuturkan:

"Jadi, tadi saya datangnya kepagian ke Polda, jam 09.15 saya sampai, dan memang Dewi Handayani beserta ormas yang mendampingi belum sampai di polda, karena semua kumpul dulu di Kantor MUI.

Sekitar jam 10 Dewi Handayani beserta kuasa hukum dan ormas yang menemani datang.

Dari apa yang saya dapat di sini, Dewi Handayani tidak mendapatkan panggilan secara resmi, melainkan pihak polda NTB memanggil secara kekeluargaan, kalau istilah kita Tabayun...

Dari pihak polda menanyakan, apakah sebelum video itu diviralkan, sudah bertanya ke pihak-pihak yang ada di dalam video, apakah maksud dan tujuannya.

Sejauh ini (posisi Dewi) insya Allah aman, bahkan pihak polda akan menelusuri, jika benar oknum-oknum dalam video itu melakukan kristenisasi, akan ditindak tegas (janjinya). Tadi disampaikan juga, akan dilakukan pemanggilan bagi oknum-oknum di video tersebut untuk dimintai keterangan.

Kita sama-sama doa aja yah, semoga posisi tidak jadi terbalik.

Wallaahu 'alam bishshawaab...
Laa hawla wa laa quwwata illa billaah...

MH"

Dukungan Warganet

Kasus pemeriksaan terhadap Dewi Handayani ini ramai viral di sosial media, warganet pun mendukung Dewi dengan tagar #SaveDewiLombok.

Video Yang Direkam Dewi

Berikut video yang direkam Dewi Handayani dugaan adanya kristenisasi yang dilakukan oknum-oknum dengan berkedok membantu korban gempa Lombok NTB.

Video ini juga ditanggapi oleh Wakil Ketua DPR RI dari NTB Fahri Hamzah di akun twitternya.

"Jangan memancing di air keruh..," kata Fahri.

[video]