MEME kocak "Yang punya mobil, jangan lupa aki mobil dilepas, sebelum kalian beranjak tidur"


[PORTAL-ISLAM.ID] Di media sosial viral 'meme' himbauan bagi pemilik mobil untuk mencopot akinya sebelum tidur.

"Yang punya mobil, jangan lupa aki mobil dilepas, letakkan pada suhu yang dingin, sebelum kalian beranjak tidur" 


Meme ini viral di sosmed pasca pernyataan dari pihak kepolisian bahwa mobil Neno Warisman terbakar gara-gara korsleting aki. Padahal mobil Neno Warisman dalam kondisi mesin mati.

Seperti diberitakan, mobil Neno Warisman mendadak terbakar saat terparkir di depan rumahnya di kawasan Cimanggis, Depok, Rabu (18/7/2018) sekitar pukul 24.00.

Dugaan awal mobil itu sengaja diledakan oleh seseorang. Namun, berdasarkan hasil penelusuran kepolisian mobil Xenia kepunyaan Neno itu terbakar lantaran ada korsleting pada bagian akinya.

"Kami cek mobil, hasil identifikasi bengkel kebakaran dipicu aki korsleting, kabel yang positif aki nempel di body (badan) mobil," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono, seperti dilansir CNNIndonesia.

Lantas, apakah memang secara teknis mobil saat keadaan 'mati' bisa secara tiba-tiba terbakar? Insiden kebakaran biasanya terjadi saat mobil menyala atau tengah dikendarai.

Menyikapi itu Kepala Teknik Plaza Toyota Adit menyampaikan bahwa pada dasarnya kabel positif di aki menempel pada bodi kendaraan memang dapat membuat mobil terbakar. Walaupun posisi konci kontak dalam keadaan mati.

Namun, hal tersebut kecil kemungkinannya. Menurut dia yang harus dipertanyakan adalah bagaimana kabel itu dapat lepas saat mobil tidak sedang melaju atau sekadar dinyalakan. Sebab, pasti ada guncangan ketika mesin mobil menyala yang bisa membuat kabel tersebut lepas dari posisi seharusnya.

"Ini (kabel) harus di cek, dilihat fisiknya dulu. Karena harusnya kabel positifnya nempel di terminal baterai dengan baik, bisa jadi lepas dan kena bodi kendaraan. Jadi aneh juga sih kabelnya bisa lepas, kalau pun tidak kencang kabel baterai. Mobilnya saja diam," kata Adit kepada CNNIndonesia.com.

Ia pun enggan menarik kesimpulan apa pun dari hal tersebut. Ia menjelaskan perlu investigasi lebih dalam untuk mengetahuinya.

Link: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180722103652-384-316045/raksasa-otomotif-sikapi-terbakarnya-mobil-neno-warisman


Baca juga :