Aksi Tabur Mikroba Untuk Mengurangi Bau Busuk di Kali Item


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - 18 Agustus 2018 akan dilangsungkan pagelaran olahraga terbesar se Asia yaitu Asian Games 2018. Indonesia menjadi tuan rumah sekaligus penyelenggara Asian Games 2018, tepatnya di Jakarta & Palembang.

Jakarta melalui Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI) terus berbenah dalam mempersiapkan suksesnya pagelaran Asian Games 2018. Namun ada suatu masalah yang belakangan ini ramai menjadi perbincangan di media sosial dan pemberitaan di media online yaitu tentang bau busuk dari Kali Item disekitar kawasan Wisma Atlet Asian Games Kemayoran, Jakarta Pusat.

Berbagai solusi telah dilakukan Pemprov DKI untuk mengurangi bau busuk Kali Item diantaranya pemasangan kain waring hitam dan instalasi 28 pompa portabel.

[video - Anies-Sandi emang keren. Kondisi kini Kali Item]


Namun mengatasi persoalan di ibukota tidak hanya cukup mengandallkan pemprov melainkan juga harus melibatkan partisipasi warga.

Berangkat dari hal tersebut maka HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) DKI Jakarta berinisiatif menggelar aksi yang tujuannya membantu mengurangi polusi bau busuk di Kali Item sekitar Wisma Atlet Asian Games Kemayoran, Jakarta Pusat.

Aksi akan berlangsung pada hari Minggu 29 Juli 2018 pukul 09:30 WIB.

Aksi ini akan menaburkan setengah ton serbuk mikroba DeoGone ke aliran Kali Item. DeoGone adalah serbuk berisi mikroba jamur hasil riset bioteknologi seorang pakar bernama Dr. Tri Panji, M.S., APU. DeoGone dalam keseharian digunakan sebagai pembasmi bau limbah industri dan teruji ramah lingkungan, aman bagi manusia, dan hewan.

Deogone memiliki 4 fungsi:
1) Biodeodorisasi = menghilangan bau busuk limbah secara alami
2) Biodekolorisasi = mengurangi kepekatan warna air limbah secara alami
3) Biodetoksifikasi = mengurangi kadar racun limbah secara alami
4) Bioremediasi = pemulihan air limbah secara alami

Direncanakan turut hadir dalam kegiatan ini antara lain, H. Syukri Bey selaku ketua DPD HKTI Jakarta, H. Prabowo Sunirman (anggota DPRD DKI Jakarta), Dimas Akbar – pegiat media sosial (@dimasprakbar), dan Suwardi Hagani selaku ketua panitia penyelenggaraan.

Tujuan utama dari aksi ini adalah membantu mengurangi polusi bau busuk di Kali Item sehingga nantinya dapat menjadi solusi alternatif bagi Pemprov DKI dalam mengatasi persoalan tersebut.

Tentu kami mengharapkan warga Jakarta, aktivis lingkungan, dan pejabat pemprov terkait dapat menghadiri acara ini agar dapat menyaksikan bersama-sama dari proses pentaburan serbuk hingga ke tahap reaksi yang ditimbulkan pasca pentaburan.

Terima kasih,

Dimas Akbar (@dimasprakbar) – Pegiat Media Sosial
Baca juga :