PETA PERTARUNGAN Pilkada Jawa Timur Pasca PDIP Mengusung Gus Ipul - Azwar Anas


[PORTAL-ISLAM.ID] PDIP resmi mengusung pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Jawa Timur 2018.

Hal tersebut diumumkan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDIP, Ahad, 15 Oktober 2017.

Gus Ipul saat ini merupakan Wakil Gubernur Jawa Timur. Sedang Abdullah Azwar Anas saat ini Bupati Banyuwangi Jawa Timur dua periode.

PDIP mendapat dua keuntungan dengan mengusung pasangan ini. Pertama Bupati Abdullah Azwar Anas jadi kader PDIP (sebelumnya adalah politisi PKB). Azwar Anas diangkat sebagai Ketua DPD Bamusi Jawa Timur. Bamusi merupakan organisasi sayap Islam di tubuh PDIP. Kedua, Azwar Anas yang baru dilantik pada 17 Februari 2016 sebagai Bupati Banyuwangi ini akan digantikan oleh wakil bupati Yusuf Widyatmoko yang merupakan Ketua DPC PDIP Banguwangi.

Selain PDIP yang memiliki 19 kursi DPRD Jatim, pasangan Gus Ipul - Azwar Anas juga diusung PKB yang memiliki kursi DPRD Jatim terbanyak, yakni 20 kursi. Total sudah 39 kursi dari 100 kursi DPRD Jatim.

Catatan tambahan: Gus Ipul (mantan Ketua GP Ansor) pernah bergabung dengan PDIP dan menjadi anggota DPR Fraksi PDIP pada pemilu 1999. Lalu keluar dan bergabung dengan PKB menjadi Sekjen pada muktamar PKB tahun 2002.

PETA PESAING

Pesaing kuat pasangan Gus Ipul - Azwar Anas adalah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Ketua Muslimat NU ini akan diusung oleh Golkar (11 kursi), Nasdem (4), Hanura (2) dan PPP (5). Kemungkinan Demokrat (13 kursi).

Sisa partai lain: Gerindra (13), PAN (7) dan PKS (6), belum dipastikan kemana akan mendukung.

Untuk pasangan (wagub), Khofifah belum menentukan.

Yang dilema jadinya Pakde Joko... diminta support Khofifah, tapi PDIP malah ambilnya Gus Ipul.

Catatan:
- Kalau Khofifah resmi maju di Pilkada Jatim 2018, maka ini untuk ketiga kalinya Khofifah bertarung di Pilkada Jatim. Dua kali gagal di 2008 dan 2013 melawan pasangan Pakde Karwo - Gus Ipul (yang diusung koalisi P Demokrat).

- Baik Gus Ipul maupun Khofifah dua-duanya NU. Dan memang Jatim merupakan basis kuat NU.

- Sebelum Gus Ipul -Azwar Anas diusung PDIP, Rais Am PBNU KH Ma'ruf Amin menginginkan bersatunya kader NU dengan duet Khofifah - Gus Ipul agar tidak terpecah.

PETA PARPOL DI DPRD JATIM

  1. PKB (20)
  2. PDIP (19)
  3. P Demokrat (13)
  4. Gerindra (13)
  5. Golkar (11)
  6. PAN (7)
  7. PKS (6)
  8. PPP (5)
  9. Nasdem (4)
  10. Hanura (2)


Baca juga :