Dubes Memuji Bantuan Turki Dalam Pembangunan Palestina yang Mencapai $400 Juta


ANKARA - Turki telah membantu dalam pengembangan dan pembangunan Palestina dengan pendanaan proyek senilai $400 juta yang dilaksanakan melalui Badan Kerjasama dan Pengembangan Turki (TIKA) yang berada di bawah dewan menteri Turki, Duta Besar Palestina untuk Ankara mengatakan seperti dilansir Anadolu Agency (14/5/2016).

Dalam pernyataan yang dibuat pada upacara di Ankara di mana ia menganugerahkan medali Palestina "Order of Merit dan Excellence" untuk Presiden TIKA Serdar Cam, Duta Besar Palestina untuk Turki Faed Mustafa mengatakan organisasi Turki telah memberikan $400 juta untuk wilayah Palestina, termasuk Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem.

Menurut data internal lembaga, TIKA telah melaksanakan 349 proyek di Palestina sejak pemerintah Turki yang dipimpin Erdogan meresmikan Palestine Coordination Program Office (Kantor Koordinasi Program Palestina) pada tahun 2005.

Rinciannya, Badan ini telah melaksanakan 173 proyek di Tepi Barat, 113 proyek di Gaza dan 63 proyek di Yerusalem, menciptakan banyak fasilitas pendidikan dan darurat yang dibutuhkan di daerah Palestina.

Dari total proyek yang dilakukan TIKA meliputi 78 infrastruktur sosial, 64 infrastruktur administrasi, 52 pendidikan, 46 darurat, 38 kesehatan, 25 sektor produksi, dan 25 proyek air dan sanitasi serta 21 proyek restorasi monumen sejarah dan budaya.

Bantuan yang diberikan kepada Palestina merupakan 30 persen dari total bantuan TIKA yang diberikan ke Timur Tengah dan Afrika dalam 10 tahun terakhir.

Pada Maret 2016, TIKA mengumumkan rencana untuk membangun 320 unit rumah untuk warga Palestina yang terkena serangan militer Israel terhadap Jalur Gaza pada tahun 2014.

Proyek senilai $13.000.000 termasuk pembangunan 20 bangunan, kata perwakilan TIKA Bulent Korkmaz.

Didirikan pada tahun 1992, badan bantuan TIKA dikelola negara Turki bertanggung jawab untuk melaksanakan kebijakan kerjasama pembangunan Turki di 140 negara. (portalpiyungan)

Sumber: Anadolu Agency


Baca juga :