Dukung Palestina Merdeka, Delegasi DPR RI Masuk Gaza

Kairo - Ketua DPR RI dan delegasi hari ini masuk Gaza. Mereka direncanakan akan melakukan pertemuan dengan para tokoh Palestina di Gaza, meninjau RS Dar El Shifa dan melihat kondisi wilayah Gaza.

Delegasi terdiri dari Ketua DPR RI Dr. Marzuki Alie, Ketua Badan Kerjasama Antarparlemen (BKSAP) Dr. Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua Komisi I Agus Gumiwang Kartasasmita, 20 anggota Komisi I mewakili seluruh fraksi, dan staf ahli Ketua DPR Makarim Wibisono.

"Rombongan hari ini diantar Dubes RI A.M Fachir sampai di pintu perbatasan Rafah, Mesir, untuk selanjutnya masuk wilayah Gaza, Palestina," tutur Konselor Pensosbud KBRI Kairo Iwan Wijaya Mulyatno kepada detikcom, Selasa (29/6/2010).

Menurut Iwan, sebelum berangkat ke Gaza, Dubes A.M. Fachir dan Ketua BKSAP serta anggota Komisi I DPR RI melakukan pertemuan dengan Gubernur Sinai Utara, Murad Muwafi.

Dalam pertemuan tersebut Ketua BKSAP menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada rombongan Delegasi DPR RI.

Juga disampaikan tiga agenda kunjungan delegasi Indonesia ke Jalur Gaza, yakni pertama, Indonesia ingin menegaskan posisinya mengenai pencabutan blokade total Israel atas Jalur Gaza, yang telah menyengsarakan rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Kedua, melalui kunjungan ini Indonesia menegaskan dukungan penuh terhadap kemerdekaan bangsa Palestina dan berdirnya negara Palestina yang berdaulat.

Ketiga, pemerintah Indonesia memandang penting terciptanya rekonsiliasi Palestina sebagai syarat mendasar bagi tercapainya sebuah negara Palestina yang berdiri di tanah Palestina.

Gubernur Sinai Utara menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik kunjungan Delegasi DPR RI dan atas upaya penyelesaian masalah Palestina. "Mesir memberikan pandangan yang sama dengan Indonesia," demikian Iwan.

*sumber: detik.com
---
posted by: pkspiyungan.blogspot.com
Baca juga :