BULAN PUASA, BULAN INSPIRASI BUAT NON-MUSLIM


by saykoji.blogdetik.com*
---
Sebelum pada salah persepsi, gue jelaskan baik-baik dulu ya.

1. gue kristen, dan bukan islam
2. tulisan ini dimaksudkan untuk membangkitkan semangat toleransi antar umat beragama, jadi bacalah dengan hati tenang, dan pikiran terbuka

Okey, cukup jelas kan?

Buat gue (SAYKOJI) setiap bulan puasa dan lebaran semakin mendekat, gue sebetulnya seneng banget…

Di satu sisi, antrian makan siang di mana-mana jadi berkurang.. hehe, tapi di sisi lain, gue belajar BANYAK HAL BAGUS dari teman-teman yang muslim.
Gue percaya, apapun kepercayaan yang dianut masyarakat INDONESIA, masing-masing punya kebaikan yang layak untuk dipelajari. Dan di bulan puasa yang semakin mendekat ini, gue punya beberapa poin yang layak diperhatikan, kalau perlu dicoba dari teman-teman yang muslim.

1. DISIPLIN
Umat muslim sejati sudah pasti nomor satu perihal yang satu ini. Baik dari sholat 5 waktu, ketertiban dan khusyuknya saat Sholat Jumat (walau penuh sesak, tapi tetap khidmat!).
Apalagi waktu di bulan puasa, baik dari bangun pagi untuk sahur, tahan diri sepanjang hari, dan jadwal berbuka puasa di sore hari yang dilanjutkan dengan Taraweh.
Gue sendiri yg kristen sering telat kalo mau ke gereja, udah gitu masuk nya sesak2an, rebutan kursi…

2. KESEDERHANAAN
Perhatikan kawan-kawan muslim saat beribadah. Baju yang mereka kenakan itu sederhana. Bukan baju untuk gaya-gayaan, bukan untuk tampil eksis. Yang pria pakai sarung dan peci, dan yang wanita pakai mukena, menutupi seluruh tubuh dan nggak keliatan di dalam nya pakai baju merk apa kek. Ini pun salah satu karakteristik yang layak dipuji.

3. KETULUSAN
Entah dalam memberi sedekah, dalam bersyukur (sering gue denger temen bilang ALHAMDULILAH), atau sebelum memulai segala sesuatu dimulai dengan BISMILLAH.
Luar biasa, gue melihat teman-teman muslim sejati, adalah orang-orang yang hidupnya penuh dengan ketulusan! Tidak ada satupun di dunia ini yang bisa kita banggakan, mereka TULUS karena mereka sadari bahwa segala sesuatu di dunia ini ada di bawah kendali TUHAN.

Well, sejauh ini tiga point di atas yang jadi persepsi gue. Selamanya gue bakal jadi orang kristen, percaya akan keselamatan dari Yesus Kristus. Tapi selamanya juga gue akan jadi orang yang salut dan menghargai nilai-nilai ISLAM.

Jadi buat temen-temen yang non muslim, mari kita dukung saudara-saudara yang akan berpuasa selama sebulan ke depan ini. Mereka sedang menjalankan ibadah nya dengan sepenuh hati. INDONESIA tidaklah seharusnya didasarkan pada keseragaman, tapi dalam perbedaan yang saling menghormati, bangsa ini akan MAJU LUAR BIASA!!

BHINNEKA TUNGGAL IKA!

catatan: gue percaya kalau teroris laknat yang caper tukang ngebom itu bukan orang yang ngerti ajaran islam yang sejati…


*dikutip dari: http://saykoji.blogdetik.com/2009/08/10/bulan-puasa-bulan-inspirasi-buat-non-muslim/
---

posted by: pkspiyungan.blogspot.com
Baca juga :