MAMPUS! Tak Sengaja Diledakkan, Bom ‘Israel’ Tewaskan 9 Tentaranya Sendiri

[PORTAL-ISLAM.ID]  GAZA - Militer “Israel” mengumumkan kematian sembilan tentara tambahan di Jalur Gaza, termasuk enam tentara yang diklaimnya tewas dalam sebuah ledakan tidak disengaja. Bom tersebut dimaksudkan untuk menghancurkan sebuah fasilitas produksi senjata di terowongan Hamas pada 9 Januari.

Ledakan tersebut terjadi di Kamp Bureij di bagian tengah Gaza. Seorang wartawan yang sedang melakukan tur bersama “tentara” Israel ke terowongan-terowongan Hamas yang telah direbut berada cukup dekat untuk memotret asap yang mengepul setelah ledakan tersebut. Petugas medis terdengar melalui radio, dan para komandan menyatakan adanya insiden korban jiwa, Times of Israel melaporkan.

Delapan tentara lainnya, termasuk penyanyi dan aktor Idan Amedi, terluka dalam ledakan tersebut, sementara tiga tentara “Israel” lainnya tewas di Gaza dalam insiden terpisah, demikian pernyataan militer.

Kematian para tentara, yang terjadi pada hari Senin, meningkatkan jumlah korban resmi menjadi 185 orang sejak dimulainya invasi darat “Israel” pada tanggal 27 Oktober. Militer “Israel” tidak mengungkapkan jumlah korban sebenarnya, dan jumlah tersebut diyakini jauh lebih tinggi.

Al-Qassam Gagalkan Upaya Pembebasan Tawanan

Di sisi lain, Brigade Izzudin al-Qassam, sayap militer Hamas, juga mengumumkan kematian beberapa tentara “Israel” di Kamp Bureij pada hari Senin, namun mengindikasikan bahwa mereka terbunuh saat mencoba membebaskan seorang tawanan yang ditahan oleh Hamas.

Bagian media dari kelompok tersebut mengumumkan bahwa “Brigade Al-Qassam menggagalkan upaya Zionis untuk membebaskan seorang tawanan musuh di kamp Bureij setelah sebuah pasukan khusus menyusup ke sebuah tempat di mana musuh percaya bahwa seorang tawanan berada di dalamnya. Pasukan tersebut dihadang, misinya digagalkan, dan bentrokan dengan pasukan tersebut menyebabkan beberapa orang tewas dan terluka. Beberapa barang milik pasukan khusus direbut.”

Para pejuang Qassam juga menewaskan empat tentara “Israel” dengan senapan penembak jitu di sebelah timur kamp pengungsi Bureij, Brigade Qassam melaporkan pada hari Selasa.

Hamas diyakini menahan hampir 136 tawanan “Israel” di Gaza yang ditawan selama operasi Taufan Al-Aqsa pada 7 Oktober lalu.

Banyak dari mereka yang dibebaskan, termasuk wanita dan anak-anak, dalam pertukaran tawanan pada bulan November, dimana wanita dan anak-anak Palestina dibebaskan dari penjara-penjara Israel.

“Israel” telah melancarkan serangan udara dan darat ke daerah kantong yang terkepung sejak 7 Oktober, menewaskan sedikitnya 23.084 warga Palestina dan melukai 58.926 lainnya, menurut otoritas kesehatan Gaza, sementara hampir 1.200 warga Israel diyakini telah terbunuh dalam serangan Hamas. Hamas membunuh beberapa orang, sementara pasukan Israel sendiri membunuh yang lainnya dalam friendly fire dan karena Instruksi Hannibal.

Pengeboman tanpa henti “Israel” telah membuat sebagian besar dari 2,2 juta penduduk Gaza mengungsi. Para pengungsi Gaza kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan.

Pihak berwenang “Israel” mengklaim bahwa mereka ingin memaksa warga Palestina untuk meninggalkan Gaza sebagai pengungsi ke Mesir atau negara lain dan membangun kembali permukiman Yahudi di daerah kantong tersebut.(*)

Baca juga :