Prediksi Fahri Hamzah: Jika Prabowo Pilih Cawapres Ulama, Jokowi Pertahankan JK


[PORTAL-ISLAM.ID]  Capres petahana Joko Widodo diprediksi memilih Jusuf Kalla sebagai cawapres jika Prabwo Subianto menggandeng tokoh agama sebagai cawapres.

Prediksi ini dilontarkan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah. Menurutnya dengan memilih JK, Jokowi tidak akan terbelenggu oleh kepentingan para partai koalisi.

JK juga dinilai Fahri dapat menjadi penangkal kekuatan pasangan nasionalis-religius dari kubu Prabowo.

"Saya mendengar di sana itu inginnya Pak JK kembali jadi wapres. Kalau bukan Pak JK pasti semua partai koalisi itu rebutan," ujar Fahri di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 31 Juli 2018.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika Jokowi ikut memilih sosok religius sebagai cawapres maka langkah ke depan akan sulit lantaran adanya kepentingan dari partai politik di koalisi pendukung.

Menurutnya tidak gampang memilih cawapres religius di sekitar Jokowi. Hal ini berbeda dengan Prabowo yang memiliki koalisi ramping.

"Tidak gampang memilih cawapres agamis di sekitar Jokowi. Lebih sulit daripada Prabowo, karena partainya banyak. Nah kalau Pak JK kan mereka sudah tahu seperti apa. Kalau orang baru kan buat binggung. Nanti bagaimana. Kalau dipilihnya kader partai A, kader partai B merasa dirugikan. Nanti kami ditinggal dan seterusnya," pungkasnya

Sumber: RMOL