Membaca Peluang Mahfud MD Jadi Cawapres Jokowi


[PORTAL-ISLAM.ID]  Belakangan santer beredar nama-nama tokoh yang berpotensi besar menjadi cawapres bagi calon petahana, Joko Widodo.

Akhir-akhir ini santer nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, kemungkinan akan dipilih menjadi cawapres Jokowi di Pilpres 2019. Pasalnya, nama Mahfud kabarnya diusulkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat bertemu Jokowi di Istana Batu Tulis beberapa waktu lalu.

Seberapa besar kans Mahfud MD digandeng Jokowi sebagai cawapres Jokowi di Pilpres 2019?

"Mahfud MD kalau kita cermati dari kualifikasi figur sangat menarik. Dalam soal ujian integritas beliau sudah selesai, bisa melewati dengan baik dan membuktikannya," kata Pengamat Politik UIN Syarif Hadayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago, Sabtu 14 Juli 2018.

Apakah Mahfud MD pantas jadi cawapres Jokowi. Pertama Mahfud MD punya jam terbang yang tinggi di pemerintahan, track record bagus, sucses story-nya jelas baik di level eksekutif, legislatif dan yudikatif.

"Beliau pernah jadi Menteri Pertahanan di era Presiden Gus Dur, di legislatif pernah menjabat anggota DPR dan di institusi yudikatif pernah menjadi ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Disamping itu, beliau punya modal suara akar rumput (grassroot), representasi santri dan NU," paparnya.

Track record Mahfud yang panjang itu diharapkan mampu menutupi kelemahan Jokowi soal pengelolaan isu-isu Umat dan kebangsaan.

"Namun ada persoalan dan kelemahan, karena Mahfud bukan dari Parpol, apakah Mahfud bisa diterima ditataran level elite partai koalisi pendukung Jokowi," ujarnya.

Sumber: RMOL