Gol Spektakuler Ahmed Musa, Selamatkan Nigeria di Piala Dunia 2018


[PORTAL-ISLAM.ID] Nigeria sudah di ujung tanduk dan siap-siap berkemas mudik pulang kampung andai kalah lagi melawan wakil eropa Islandia di pertandingan kedua grup D yang berisi: Kroasia, Argentina, Islandia, dan Nigeria.

Di laga perdananya di Piala Dunia 2018, Nigeria kalah dengan skor 2-0 melawan Kroasia, Minggu dinihari pekan lalu (17/6/2018).

Pada laga kedua, Nigeria berjumpa dengan Islandia, klub yang pada laga perdana sukses membuat Lionel Messi tidak berdaya dan menahan imbang Argentina dengan skor 1-1.

Laga antara Nigeria melawan Islandia digelar di Volgograd Arena Russia, Jum'at (22/6) malam. Laga tidak berjalan dengan mudah bagi Nigeria. Anak asuh Gernor Rohr lebih banyak berada dalam tekanan Islandia, pada babak pertama.

Namun di babak kedua, dua gol spektakuler yang dilesakkan striker Elang Super Ahmed Musa akhirnya mengantarkan Nigeria keluar dari lubang jarum. Nigeria sukses mengkandaskan Islandia dengan skor dua kosong tanpa balas.


Nigeria kini berada di posisi dua klasemen sementara grup D dengan 3 poin di bawah Kroasia yang sudah memastikan lolos. Masih ada harapan bagi Nigeria untuk bisa lolos dari Grup D dan akan ditentukan pada laga terakhir melawan Argentina yang terseok di dasar klasemen. Baik Nigeria, Islandia maupun Argentina masih berpeluang lolos tergantung hasil pertandingan terakhir grup D dan selisih gol.

Nigeria pernah bertemu melawan Argentina di Piala Dunia 2014. Saat itu Argentina menang 3-2. Dua gol Nigeria dicetak oleh striker bernomor punggung 7, Ahmed Musa.

Ahmed Musa


Nama Ahmed Musa mulai jadi perhatian saat pindah ke Leicester City pada musim 2016/17 silam, satu musim setelah The Foxes membuat fenomena dengan menjadi juara Premier League. Leicester membeli Ahemd Musa dengan harga 19,5 juta euro dari klub CSKA Moskow yang memecahkan rekor.

Namun musim pertama di Inggris tidak berjalan mulus bagi Ahmed Musa. Akhirnya pada Januari 2018, Musa kembali ke CSKA dengan status pemain pinjaman. Di CSKA ini pria kelahiran 14 Oktober 1992 tampil cukup apik dengan catatan 10 pertandingan dan 6 gol untuk CSKA. Catatan itu cukup untuk mengantarnya ke skuat Nigeria di Piala Dunia 2018.

Meskipun kesulitan bersama Leicester, Musa selama ini selalu jadi andalan bagi timnas Nigeria. Total, dia sudah mencatatkan 74 penampilan. Jumlah yang cukup banyak karena Musa saat ini masih berusia 25 tahun. Ia menjalani debut bersama Nigeria pada tahun 2010, saat masih berusia 17 tahun.

Musa ikut ambil bagian saat Nigeria tampil di Piala Dunia 2014 lalu. Ia berkontribusi mencetak dua gol dari empat laga yang dimainkan. Maka, dengan tambahan dua gol ke gawang Islandia, kini Musa sudah mencetak empat gol di Piala Dunia.

Menurut Opta, Musa kini masuk dalam daftar top skor Piala Dunia untuk pemain asal Afrika. Jumlah gol Musa hanya kalah dari legenda Roger Mila [5 gol] dan Asamoah Gyan [6 gol]. Masih ada kans besar untuk Musa agar bisa melebih torehan gol kedua pemain tersebut.

Berikut video gol spektakuler Ahmed Musa saat Nigeria mengalahkan Islandia di Piala Dunia 2018 grup D.


[Nigeria vs Argentina di Piala Dunia 2014]