PPKK Kemensesneg Sempat Tolak Ijin Sholat Idul Fitri di Jl Benyamin Suaeb, Setelah Diprotes HNW Akhirnya Diijinkan


[PORTAL-ISLAM.ID] Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran yang berada di bawah Kementerian Sekretariat Negara RI (Kemensesneg) sempat mengeluarkan surat PENOLAKAN IJIN PEMAKAIAN JALAN untuk penyelenggaraan Sholat Idul Fitri 2018.

Bapak Achmad Zubair
Ketua Yayasan Masjid Al-Huda
Jl. Raya Utan Panjang Barat 
Kebon Kosong Kemaroyan Jakarta Pusat

Sehubungan dengan surat Saudara nomor ... tanggal 17 Mei 2018 hal Ijin Pemakaian Jalanan, bahwa PPK Kemayoran tidak mengijinkan lokasi Jl. Haji Benyamin Suaeb digunakan sebagai tempat pelaksanaan sholat Idul Fitri karena untuk wilayah kelurahan Kebon Kosong sudah terdapat masjid Akbar.


Demikian Surat dari PPK Kemayoran pada 24 Mei 2018.

Penolakan ini tentu meresahkan Umat Islam seputaran lokasi.

Hal ini kemudian diprotes anggota DPR dari PKS dapil Jakarta yang juga Wakil Ketua MPR Ustadz Hidayat Nur Wahid (HNW).

"Sudah 20 tahunan warga bisa sholat Idul Fithr di Jln Bunyamin Sueb Kemayoran Jakarta Pusat, begitu info tokoh2 setempat. Eh tahun ini, mrk tak diizinkn olh PPKK (Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran), dg alasan yg mengada-ada. Untuk jaga harmoni saya harap mrk diizinkn spt semula," kata Hidayat Nur Wahid melalui akun twitternya pagi tadi, Kamis (31/5/2018).

HNW melampirkan Surat Penolakan dari PPK Kemayoran. Beliau juga menyampaikan hal tsb kepada Mensesneg yang membawahi PPK Kemayoran.

Akhirnya setelah diprotes, pihak PPK Kemayoran mengeluarkan IJIN PEMAKAIAN Jalan Haji Benyamin Suaeb untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri 1439 H.

"Akhirnya, warga Kemayoran Jkt yg sempat tak diizinkan selenggarakan sholat Idul Fithr di jln Bunyamin Syueb, skrg SUDAH DIIZINKAN lagi. Tadi pagi saya sampaikn hal ini ke Mensesneg & GubDKI. Mrk respons positif. Dan skrg PPKK keluarkan surat izin dimaksud. Terimakasih kpd semuanya," kata HNW siang ini.

PPK Kemayoran akhirnya mengeluarkan Surat Ijin hari ini, Kamis (31/5/2018).

Melalui surat Nomor: .../Kemensesneg/PPKK/Dirut/05/2018 tertanggal 31 Mei 2018 disebutkan:

Yth. Achmad Zubair
Ketua Yayasan Masjid Al-Huda
Jl. Raya Utan Panjang Barat No.7 Rt 005 Rw 02
Kelurahan Kebon Kosong Kemaroyan Jakarta

Sehubungan dengan surat Saudara Hal Ijin Penggunaan Lokasi Pemakaian Jalan Haji Benyamin Suaeb untuk Sholat Idul Fitri pada prinsipnya Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran dapat menyetujui.


Untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri di negara mayoritas muslim ternyata ada yang berlika-liku dengan penuh perjuangan.

Terimakasih kepada Pak Hidayat Nur Wahid atas bantuan menyampaikan aspirasi Umat Islam terutama yang akan menjalankan sholat Idul Fitri di kawasan Jl. Haji Benyamin Suaeb yang sudah berjalan puluhan tahun.