VIRAL Puisi Tandingan MAKJLEB dari Mahasiwi Bercadar di Aceh untuk Sukmawati


[PORTAL-ISLAM.ID]  Puisi berjudul 'Ibu Indonesia' yang dibacakan Sukmawati Soekarnoputri menuai kritik luas. Ragam komentar pro kontra bermunculan setelah videonya viral.

Puisi karya Sukmawati dianggap sebagian pihak merendahkan Islam. Dalam puisinya Sukmawati menyinggung syariat Islam termasuk penggunaan cadar hingga menyebut azan kalah merdu dengan kidung.

Puisi dibalas puisi, itulah yang dilakukan salah seorang mahasiswi bercadar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mengkritik karya Sukmawati. Diketahui mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) itu bernama Putri Hardini.

Puisi yang ditulis Putri berjudul 'Aku Tahu Syariat Islam'. Puisi itu tercipta saat kelas dengan mata kuliah Ilmu Dakwah.

“Di ruangan lagi ngebahas kasus puisi Ibu Sukma itu, lalu dosen kami menyuruh untuk melakukan kuliah tujuh menit (kultum). Lalu saya berinisiatif untuk berpuisi dosen pun membolehkan, saat saya mengatakan ingin membacakan puisi, saya meminta waktu 10 menit agar dapat menulisnya lalu jadilah puisi tersebut,” kata Putri, Rabu, 4 April 2018.

Dalam sajak puisi Putri terinspirasi dari banyak nya caci maki terhadap Sukmawati, lalu ia mencoba untuk tidak membicarakan keburukannya, tapi mengomentari dengan cara berpuisi. Puisi Putri itu juga terinspirasi dari snapgram teman-temannya yang juga membacakan puisi balasan untuk Sukmawati.

“Karena saya melihat mereka juga menuangkan kata kata berupa pendapat tentang puis , jadi saya ingin mencobanya,” tutur Putri.

Mahasiswi semester 4 asal kabupaten Aceh Barat itu, mengatakan setelah mendengar puisi Sukmawati ia menilai karya tersebut sangat bagus. Namun ia menyesali kenapa harus membandingkan sesuatu yang tidak patut dibandingkan.

“Jika Ibu Sukma membandingkan kidung dengan seriosa mugkin masih sangat wajar, tapi ini menyangkut simbol-simbol agama yang dibandingkan jelas saja memicu amarah umat islam. Apalagi Ibu Sukma seorang Muslim jadi harusnya beliau tahu dengan syariat islam,” ujar dia.

Berikut puisi Putri Hardini:


Aku tahu syariat Islam


Jadi, aku tahu jilbab dan cadar lebih indah dari kondemu


Aku tahu syariat Islam


Jadi, aku tahu gerai rambutmu lebih suci jika ditutupi jilbab


Aku tahu syariat Islam


Jadi, aku tahu suara azan dan lantunan alquran lebih merdu dari apapun, bahkan dari suara kidung Ibu Pertiwi 


Namun,


Jika kau tak mengetahui syariat Islam


Cari tahulah, Belajarlah


Dan jangan mengatakan kata sajakmu yang kau pikir indah namun menghina