SELAMAT DATANG NOVEL BASWEDAN!


[PORTAL-ISLAM.ID]  Kabar baik datang dari Novel Baswedan. Setelah hampir satu tahun, penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi itu akhirnya akan pulang ke Tanah Air pada hari ini, Kamis, 22 Februari 2018. Kepulangan Novel tersebut setelah menunggu hasil pemeriksaan tim dokter rumah sakit Singapura usai operasi tambahan di mata kirinya yang dilakukan pada pekan lalu.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi, Febri Diansyah, menuturkan sejauh ini mata kiri Novel sedang proses recovery.Menurut Febri, jika dari pengecekan tekanan mata kondisi baik, maka dokter mengizinkan Novel kembali ke Indonesia, untuk rawat jalan. Kontrol rutin rencananya dilakukan dalam rentang waktu sekitar tiga minggu.

Sampai saat ini, operasi tambahan yang dijalani Novel dipandang berhasil menggeser bagian yang tumbuh di area tengah mata. Sehingga, bila sudah selesai recoverypascaoperasi beberapa waktu lalu, bisa direncanakan untuk operasi tahap dua. Adapun untuk jadwal operasi tahap dua direncanakan pada bulan April 2018.

"Kami mohon doanya supaya perkembangan kesehatan makin membaik sehingga Novel bisa berkumpul kembali bersama keluarga seperti kita semua. Dan agar Novel bisa kembali bekerja di jalan pemberantasan korupsi di KPK," kata Febri, Senin, 19 Februari 2018.

Febri menambahkan saat tiba di Tanah Air, pimpinan dan pegawai akan menyambut Novel di kantor KPK. Salah satu pimpinan KPK juga akan menjemputnya di bandara.

"Novel itu pulang dalam keadaan mata kiri belum bisa digunakan dan menunggu operasi tahap II," kata Febri saat dikonfirmasi, Rabu, 21 Februari 2018.

Meskipun kembali ke Tanah Air, Febri menyebut bahwa Novel masih membutuhkan perawatan lebih lanjut. Operasi Tahap II masih harus dilakukan paling cepat April 2018 ini.

Febri mengatakan keputusan diizinkannya Novel kembali ke Indonesia, karena sebelumnya tim Dokter RS Singapura telah melakukan pengecekan pada tekanan mata dan pemasangan implan glukoma di mata kiri. 

"Hasilnya alhamdulillah membaik," kata Febri.
Kabar kepulangan Novel itu juga disambut baik oleh pimpinan KPK. Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, menilai kembalinya Novel ke Indonesia merupakan hal yang bagus dan berharap bisa kembali berkarya.

"Ya Novel pulang tentunya kalau dia bisa kerja, itu keren. Ya gak? Ya dong. Dia sehat lagi. Mudah-mudahan kemudian kita bisa menciptakan kinerja kerja yang baik," kata Saut usai menghadiri acara Rapat Konsultasi dengan Golkar di Hotel Sultan Jakarta Selatan, Senin malam, 19 Februari 2018.

Menurut Saut, saat kepulangannya itu, Novel akan mendapatkan pengawalan khusus. "Ya itu kan sudah praktis ya. Karena ada. Tidak hanya terhadap Novel, terhadap yang lain juga ada pengawalan khusus," ujarnya.

Untuk kelanjutan karier Novel di KPK, Saut masih belum dapat bicara banyak. Menurutnya, posisi Novel nantinya akan ditentukan oleh pimpinan KPK.

"Nanti kita lihat, di mana dia suka. Kalau dia memang jiwanya suka di situ, nanti kita lihat pimpinan yang memutuskan," ujar Saut.