14 Kecelakaan Infrastruktur dalam 2 Tahun, iki ono opo?


[PORTAL-ISLAM.ID] Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan selama dua tahun pengerjaan proyek infrastruktur telah terjadi 14 kali kecelakaan.

Terbaru ambruknya tiang girder proyek Tol Becakayu pada Selasa (20/2/2018) dinihari tadi, sekitar pukul 03.00 WIB. 7 pekerja menjadi korban dalam insiden ini. Sebanyak 6 korban dibawa ke Rumah Sakit UKI, sedangkan 1 korban lainnya dibawa ke RS Polri. Ada yang patah telapak kaki hingga patah tulang panggul.

"Ini memang selama dua tahun ada 14 kali kan, ini yang ke-14 (kecelakaan konstruksi). Makanya kita hentikan dulu, iki ono opo (ini ada apa?)," kata Basuki kepada wartawan sesuai menerima Anugerah Herman Johannes Award di Balai Senat UGM, Selasa (20/2/2018), seperti dikutip detikcom.

ADA APA?

Pengamat pernah menyatakan pembangunan infrastruktur yang digenjot akan menjadi "jualan" Presiden Jokowi untuk meraih dukungan di Pilpres 2019.

"Ini (infrastruktur) kalau dipoles bisa dahsyat untuk Jokowi di 2019. Karena Soeharto butuh 32 tahun, Jokowi tiga tahun dan itu bisa dilihat. Bisa jadi jualan Pak Jokowi yang luar biasa," ujar Direktur Polcomm Institute Heri Budianto pada 3 Desember 2017 lalu, seperti dilansir Tribunnews.

Namun, menilik kondisi saat ini, dengan berbagai kecelakaan beruntun proyek infrastruktur yang terkesan diburu-buru dan terburu-buru untuk target 2019.. sepertinya malah akan berbalik jadi bumerang.

Sesuatu yang terburu-buru memang akan menjadi bom waktu.

Inginnya melambung bersama infrastruktur
Yang terjadi malah ambruk oleh infrastruktur

Wallahu khairul makirin...