Impor Pada Saat Mau Panen Itu Namanya Sadis

(Jadwal Panen Raya yang diunggah Rizal Ramli)

[PORTAL-ISLAM.ID] Impor pada saat mau panen itu namanya sadis. Begitu kata mantan Menko Bidang Maritim Rizal Ramli dalam status Facebook-nya, Jumat (12/1).

Memang hari ini sangat mengejutkan banyak kalangan ketika Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengumumkan akan impor 500.000 ton beras akhir Januari.

Respon kritik juga datang cepat dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Anggota DPR Firman Subagyo misalnya, ia menyebut kebijakan ini sangat menciderai nasib petani. Hal senada juga dikatakan anggota DPR Ichsan Firdaush meminta Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi kinerja Menteri Perdagangan.

Berbeda dari itu, Rizal Ramli tak banyak mengumbar kata-kata di status Facebook-nya, tapi memilih umbar data panen raya. Sambil dibumbui kalimat yang cukup sarkastis.

"Mau cari untung sekaligus menggrogoti Presiden Jokowi di hadapan petani?" kata Rizal Ramli.

Dalam gambar salinan yang diunggah Rizal Ramli tersebut, terlihat bahwa panen raya akan berlangsung di berbagai daerah yang selama ini merupakan lumbung padi.

Beberapa daerah yang akan panen pada akhir Januari dan awal Februari diantaranya Lampung Selatan, Palembang, Siak-Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Merauke.

Sedangkan daerah lumbung lainnya secara bergantian akan panen pada akhir Februari, awal Maret, dan April. (Akurat)