MENDIDIHNYA JALANAN ARAB, ARAB SPRING II AKAN BANGKIT?


MENDIDIHNYA JALANAN ARAB

Situasi ketidakberdayaan rakyat Arab yang geram karena krisis Al Quds (Yerusalem) menciptakan beberapa kejutan politik:

1. Hari ini terjadi demo raksasa di kampus kampus Al Azhar seantero Mesir, padahal diktator Mesir lewat UU anti demonstrasi mengancam setiap bentuk demo dengan penjara 5 tahun.

2. Ini berarti rakyat Mesir sudah tidak takut lagi terhadap rezim diktator.

3. Dikhawatirkan akan merembet kepada aksi anti pemerintah yang sudah menjadi opini umum bahwa keberanian Trump menyatakan Al Quds sebagai ibuota Israel didorong oleh sikap pro israel penguasa Mesir tanpa pamrih.

4. Inilah yang ditakutkan penjajah Zionis Israel, bahwa jika rakyat Arab bangkit maka akan mengancam eksistensi mereka.

5. Sudah menjadi maklum dan rahasia umum, yang ditakutkan Israel bukanlah pemerintahan negara negara Arab, namun rakyat Arablah yang sangat ditakuti.

6. Pemerintahan negara negara Arab hanyalah diktator-diktator yang tidak mencerminkan aspirasi rakyat yang mencari legitimasi ke Amerika, Israel, Iran dan Russia.

7. Dinamika politik di Arab kini sedang ngebut dengan kencang, perubahan dapat terjadi sewaktu waktu secara mengejutkan.

8. Ulama-ulama yang menjilat para diktator sudah tidak didengar sejak lama, mereka kini sedang khawatir akan masa depan keduniaan mereka.

9. Foto di atas screenshot dari siaralan live Al Jazeera yang meliput demo demo besar diseantero kampus Al Azhar di Mesir.

(Mutawakkil Abu Ramadhan)