RUSUH! Biksu dan Massa Budha Cegah Bantuan Untuk Muslim Rohingya


[PORTAL-ISLAM.ID] Massa sekitar 300 umat Buddha di negara bagian Rakhine Myanmar berusaha menghancurkan sebuah kapal yang membawa bantuan untuk muslim Rohingya dan orang-orang yang terlantar di negara bagian Rakhine barat.

Kerusuhan tersebut dimulai ketika sekitar lima puluh orang memaksa staf Komite Palang Merah Internasional (ICRC) untuk menurunkan bantuan dari sebuah kapal di sebuah dermaga di ibukota negara bagian Rakhien, Sittway, Rabu (20/9/2017) malam, menurut sebuah siaran pers dari Kantor Penasihat Negara Bagian Aung San Suu Kyi.

Dikatakan delapan orang telah ditahan karena diinterogasi setelah polisi membubarkan kerumunan sekitar 300 orang dengan menembakkan tembakan peringatan dan meriam air.

Seorang petugas polisi mengatakan kepada Anadolu Agency melalui telepon pada Kamis pagi bahwa orang-orang telah melempar bom Molotov buatan ke kapal sementara beberapa orang menyerang polisi dengan ketapel.

"Untungnya, kapal tersebut tidak mengalami kerusakan parah akibat kebakaran dan tidak ada polisi yang terluka," kata perwira tersebut yang tak mau bdisebut namanya karena sensitifnya.

Dia mengatakan beberapa orang telah menyerang polisi. Dia menambahkan bahwa rumor menyebar bahwa bantuan tersebut hanya untuk Muslim Rohingya yang mengungsi karena kejadian baru-baru ini. (AA)


Baca juga :