Mantan Presiden PKS Disebut Layak Maju ke Pikada Sumut 2018, Siapa Dia?


[PORTAL-ISLAM]  Anggota DPR dari Fraksi PKS, Iskan Qolba Lubis, menilai mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Tifatul Sembiring, layak untuk diusung menjadi calon gubernur pada Pilkada Sumatera Utara 2018. Menurutnya, Tifatul adalah salah satu kader terbaik PKS yang sangat konsen memajukan partai.

“Hal yang wajar, karena beliau pernah jadi Presiden PKS dan Menkominfo di era Pak SBY,” katanya, akhir pekan ini.

Tetapi, PKS memiliki mekanisme internal sebelum memutuskan nama yang akan diusung dalam Pilkada. Salah satunya melalui pemilu raya di tingkat kader. Ada pula pertimbangan-pertimbangan dari DPW PKS di daerah.

“Kalau sudah diputuskan DPP atas pertimbangan DPW, kader pasti langsung bergerak dengan cepat,” tegasnya.

Pada Pilkada Sumut 2013, PKS berhasil mendudukan kadernya, Gatot Pujo Nugroho sebagai Gubernur Sumut. Tetapi di tengah jalan, Gatot tersangkut kasus korupsi dana hibah dan bantuan sosial (bansos) pada APBD 2012-2013 sehingga kerugian negara ditaksir sebesar Rp 4,034 miliar. Majelis hakim Pengadilan Tipikor Medan lantas memvonis hukuman 6 tahun penjara untuk Gatot.

Kasus Gatot juga menjerat mantan Sekretaris Jenderal partai Nasdem Patrice Rio Capella. Rio dikenai pidana penjara 1 tahun 6 bulan dikurangi masa kurungan dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan penjara.