KEREN! Islamophbia Merebak, Dua Muslimah Ini Buat Video Tutorial Bela Diri Jika Hijab Ditarik Haters


[PORTAL-ISLAM]  Sejak Donald Trump terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat ke-45 terdapat data peningkatan penyerangan wanita berhijab yang dilakukan para Islamophobia. Tak sedikit pula yang kini terang-terangan menunjukkan sikap kebenciannya terhadap masyarakat muslim. Bahkan ada yang menjadi korban diskriminasi termasuk memaksa wanita muslim melepas jilbabnya.

Ketika ada kasus di mana wanita berhijab ditarik paksa jilbabnya tentu akan merugikannya serta menimbulkan trauma. Beberapa wanita muslim lain menjadi khawatir saat berjilbab di tempat umum. Demi keselamatan pribadi, sejumlah wanita mengikuti kelas bela diri agar bisa melindungi diri sendiri jika ada yang berusaha menyerang Anda karena memakai jilbab.

Kini Anda tidak harus mengikuti kelas bela diri tapi dua wanita muslim ini akan memberikan tips melakukan gerakan-gerakan untuk mempertahankan diri saat jilbab ditarik paksa oleh orang lain dari belakang. Dua wanita yang dimaksud adalah Robie Flores dan Ali Withers.

Mereka mengatakan bahwa ketika hidup wanita muslim 'diserang' apa yang kita lakukan? Coba berdiri dan melawan. Keduanya pun membuat seri video baru yang dinamakan Self Defense Starter Kit. Video tersebut bertujuan untuk memungkinkan wanita muslim melindungi diri mereka sendiri.

Ide awal pembuatan video ini awalnya karena Flores dan Withers melihat ketakutan perempuan muslim di komunitas mereka dalam menanggapi kepemimpinan Trump. Mereka juga melihat kalau wanita semakin khawatir dengan keselamatan masin-masing.

Flores dan Withers juga mengajak perwakilan wanita dari sekolah bela diri untuk wanita muslim di New York, Women's Initiative for Self Empowerment (WISE), untuk mengajari bagaimana gerakan ketangkasan diri. Dua perwakilan dari WISE adalah Rana Abdelhamid dan kepala instruktur Maryam Aziz pun merasa antusias.

"Kenapa kamu tidak melakukannya untuk melindungi diri sendiri?" ujar Rna dilansir dari Mashable.

Terdapat lima gerakan dalam melindungi diri sendiri saat ada orang yang menarik jilbab Anda dari belakang. Video yang menggunakan instruktur bela diri dari WISE itu menunjukkan bahwa langkah pertama yang perlu dilakukan ketika jilbab ditarik adalah menundukkan kepala.

Gerakan kedua memutar tubuh ke arah haters yang menarik kerudung Anda. Lanjut gerakan tiga langsung menyikut penyerang ke arah dagunya. Lalu gerakan keempat dorong dagunya ke belakang menggunakan telapak tangan dengan posisi terbuka. Dan gerakan terakhir tendang bagian vital penyerang menggunakan lutut. Disarankan berlatih berulang-ulang agar terbiasa.

Flores menuturkan bahwa video ini sengaja dibuat sesimpel mungkin meniru video tutorial makeup agar para wanita lebih mudah mengerti. Withers pun berharap video bisa membangun kepercayaan diri wanita berhijab di Amerika serta meningkatkan aktivitas mereka di luar rumah.

"Yang kami inginkan adalah perempuan menyadari betapa kuat mereka. Kami membuat video ini agar mereka belajar dengan cepat dan bisa melindungi diri sendiri. Kami juga berharap orang-orang yang menonton ikut berlatih," ujar Withers kemudian.

Berikut videonya: