Fatih Erbakan, calon pemimpin masa depan Turki

[PORTAL-ISLAM.ID] DR. Muhammad Ali Fatih Erbakan adalah anak dari Necmettin Erbakan, Perdana Menteri Turki (1996-1997) yang dikudeta militer. 

Beliau disebut-sebut calon pemimpin masa depan Turki. Meneruskan cita-cita ayahnya, melanjutkan kembali Partai Refah yang dulunya dibubarkan rezim pemerintah saat itu. 

Dia mendirikan partai baru Partai Refah Baru (The New Welfare Party/ Yeniden Refah Partisi /YRP).

Pada pemilu/pilpres 2023 dia mendukung Erdogan, menyingkirkan anggapan Partai Saadet yang mendukung Kemal Kilicdaroglu sebagai penerus Erbakan. 
Pada pemilu 2023 ini Partai Refah Baru berhasil meraih 5 kursi DPR. Partai lamanya, Partai Saadet malah tidak dapat kursi.

Profil

Fatih bersekolah di Pesantren Imam Hatip lalu melanjutkan Kuliah S1 hingga S3.

Muhammed Ali Fatih Erbakan (lahir 1 Januari 1979, Ankara) adalah seorang insinyur dan politikus Turki yang merupakan pendiri dan pemimpin Partai Kesejahteraan Baru (YRP). 

Ia menyelesaikan pendidikan menengahnya di lembaga İmam Hatip dan pendidikan sekolah menengahnya di Sekolah Menengah Ankara Ayrancı. Dia lulus dari Başkent University di bidang teknik elektro. Dia pergi ke Inggris untuk melanjutkan pendidikan tinggi untuk mengejar gelar Master, tetapi kembali ke Turki pada tahun 2005 ketika ibunya, Nermin Erbakan, meninggal dunia. Dia kemudian mendapatkan gelar Master dari Universitas Başkent. Ia menyelesaikan gelar doktor di bidang manajemen dan organisasi di universitas yang sama.

Fatih Erbakan fasih berbahasa Inggris. Ia menikah dan memiliki dua anak.

Karir politik

Pada tahun 1999, Fatih Erbakan menjadi anggota Partai Kebajikan. Setelah pembubarannya oleh Mahkamah Konstitusi Turki, Partai Felicity didirikan, yang diikuti oleh Fatih Erbakan. Dia berada di Dewan Cabang Pemuda Markas Besar, tetap di partai sampai Kongres Umum ke-5 tahun 2014.

Pada 23 November 2018, ia mendirikan Partai Kesejahteraan Baru (YRP) dan terpilih sebagai Ketuanya.
Baca juga :