Emang waktu Jokowi jadi capres pamit ke Prabowo?

[PORTAL-ISLAM.ID] Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade menyentil Anies Baswedan yang tak pamit atau kulonuwun mau maju Pilpres.

Ia menyampaikan Gerindra sudah mendukung Anies di Pilkada 2017 dan berhasil menang. 

Tapi, Anies tak ada komunikasi ke Gerindra soal kemungkinan maju di Pilpres 2024. 

"Kita sudah dukung, kita sudah usung, ya namanya kulonuwun sama sekali juga nggak. Ya, itu fakta yang ingin saya ungkapkan," kata Andre dalam Catatan Demokrasi tvOne Selasa, 8 Februari 2023.

Pernyataan Andre ini ditanggapi publik di media sosial.

"Emang wkt jokowi jd capres pamit ?" sentil Haji Umar Hasibuan @Umar_Syadat770.

Seperti diketahui, Jokowi diusung Gerindra di Pilgub DKI Jakarta 2012, lalu menang jadi gubernur. Namun belum genap tuntas lima tahun menjabat gubernur DKI, bahkan baru 2 tahun jadi gubernur, ehh Jokowi loncat maju pilpres 2014 melawan Prabowo. Apa waktu itu Jokowi pamit ke Prabowo yang telah mengusungnya? Apa Jokowi ijin dulu ke Prabowo mau maju pilpres dan meninggalkan kursi gubernur yang belum selesai masa jabatannya? Apakah Gerindra dan Prabowo kemudian mempermasalahkan kelakuan Jokowi? 

Bandingkan dengan Anies. Anies tuntas 5 tahun menyelesaikan amanahnya sebagai Gubernur Jakarta. Bahkan Anies tidak tergoda saat dirayu Prabowo untuk maju Pilpres 2019 menjadi Cawapresnya Prabowo. 

Tak lupa, di akhir masa jabatannya sebagai Gubernur DKI, Anies kemudian pamit, termasuk menyampaikan terima kasih kepada PKS dan Gerindra yang telah mengusungnya.
Baca juga :