Demi dukung Anies Baswedan, Anak Haji Lulung rela hengkang dari Ketua PPP Jakarta pindah ke NasDem

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Putra almarhum Abraham Lunggana atau Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana, rela pindah partai demi mendukung Anies Baswedan maju di Pilpres 2024. Guruh semula di PPP kini berlabuh di NasDem.

Sinyal pindahnya Guruh Tirta ini mulanya diketahui ketika dia dicopot dari jabatan Ketua DPW PPP DKI Jakarta. Sebelum dicopot, Guruh Tirta diketahui sempat melontarkan pantun untuk memilih Anies Baswedan di 2024.

Setelah dicopot dari jabatan Ketua DPW PPP Jakarta, Guruh langsung menyambangi kantor DPP NasDem. Di sana, Guruh menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju di pilpres 2024.

Setelah itu kini resmi bergabung dengan Partai NasDem. 

Kepindahannya secara simbolis dilakukan di Gedung Akademi Bela Negara (ABN) milik Partai NasDem, di Kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (18/2/2023).

Guruh Tirta membeberkan alasannya bergabung ke partai besutan Surya Paloh tersebut. Ia menginginkan adanya perubahan.

"Kenapa memilih NasDem irisannya sudah jelas, pada saat saya hadir di kantor DPP, tower sudah jelas kami menginginkan adanya perubahan yang memang harus kami jalankan," ucap Guruh Tirta.

"Kenapa? karena PPP sampai hari ini tidak (belum menentukan calon presiden) sedangkan partai NasDem sudah mengusulkan salah satu calon presiden yaitu Pak Anies Baswedan," imbuhnya.

Meski begitu, Mantan Ketua DPW PPP DKI Jakarta ini belum mengetahui posisi apa yang akan diembannya.

Namun, dia menyebut wilayah kerjanya di daerah pemilihan (dapil) 10 Jakarta Barat.

"Kalau posisi itu kami balik lagi, sama penguruslah, DPW. Belum dibeberkan, (dapil) 10, di Jakarta Barat," jelas dia.

Selain Guruh Tirta Lunggana, yang juga bergabung dengan NasDem adalah Riano P yang merupakan Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus) Betawi.

Senada dengan Guruh Tirta, Riano P menuturkan bahwa NasDem merupakan partai yang memiliki semangat berbeda jika dibandingkan partai tempat ia bernaung sebelumnya.

"Kalau seperti ini kan hal biasa dalam politik, bagaimana kami menentukan sikap kami apakah sikap kami ini bertentangan dengan pendirian kami atau berbeda dengan pandangan kami. Jadi pilihan menentukan partai politik adalah hal yang biasa," paparnya.

"NasDem saya kira punya semangat yang berbeda dari partai saya yang sebelumnya, mempunyai sikap yang jelas dalam menentukan sikap arah perjuangan partai ke depan dan salah satunya karena partai pendukung pak Anies Baswedan," jelas dia.

Berdasarkan pantauan Warta Kota Network, sebagai simbolis Tirta dan Riano yang mengenakan pakaian bernuasa putih itu dipakaikan jaket partai besutan Surya Paloh tersebut.

Pemasangan jaket dilakukan Ketua Teritorial Pemenangan Pemilihan Umum Partai NasDem Effendy Choirie atau Gus Choi.

Bergabungnya Tirta dan Riano disambut antusias oleh pengurus partai NasDem. 

Selain Tirta dan Riano, beberapa orang lainnya pun ikut bergabung ke NasDem, seperti mantan anggota DPRD DKI Nuraina. Total, sebanyak 10 orang yang sah bergabung dengan Partai NasDem. 

(Sumber: Tribunnews)
Baca juga :