Surya Paloh, SBY, dan Habib Salim Segaf Akan Gelar Pertemuan, Bahas Deklarasi hingga Pendamping Anies Baswedan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Salim Segaf Al-Jufri akan menggelar pertemuan untuk mematangkan rencana koalisi yang disebut-sebut bernama Koalisi Perubahan. 

Wasekjen Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan ketiga petinggi partai tersebut akan membahas finalisasi deklarasi koalisi.

Tak hanya itu, Hermawi menyebut ketiganya juga akan membahas soal pendamping calon presiden Anies Baswedan yang akan diusung oleh koalisi tersebut. 

“Membahas finalisasi deklarasi, calon wakil presiden, dan lain-lain,” kata Hermawi kepada Tempo, Jumat, 6 Januari 2023.

Hermawi tak menjelaskan waktu dan tempat pertemuan itu akan digelar. Yang pasti, menurut dia, deklarasi Koalisi Perubahan akan digelar setelah Surya Paloh kembali dari Jerman. Surya berada di Jerman sejak Desember lalu untuk menjalani pengobatan. 

"Masih menunggu Pak SP balik dari luar negeri segera. (Tanggal pasti deklarasi bersama) bos-bos itu yang akan menentukan," kata Hermawi. 

Menurut Hermawi, usai ketiganya mendeklarasikan koalisi, maka partainya tidak akan sendirian lagi dalam mensosialisasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden ke berbagai daerah.

Sejauh ini, deklarasi rencananya akan dilakukan oleh NasDem, Demokrat dan PKS. Kendati demikian, dia mengatakan koalisinya tidak menutup diri terhadap partai lain yang ingin bergabung.

“Koalisi tetap terbuka terhadap penambahan partai,” kata dia.

PKS sebut pendamping Anies dibahas mendalam dalam tim kecil

Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan sosok pendamping Anies dibahas lebih mendalam dan detail oleh tim kecil ketiga partai. Menurut dia, pertemuan Surya, SBY, dan Habib Salim akan membahas isu-isu kebangsaan dan kenegaraan serta rencana koalisi ke depan.

“Kalau level pimpinan tertinggi sepertinya lebih ke arah isu-isu kebangsaan dan kenegaraan saat ini dan rencana koalisi kedepan seperti apa,” kata Kholid saat dihubungi Tempo secara terpisah, Jumat, 6 Januari 2023. 

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra sebelumnya membenarkan soal rencana deklarasi bersama itu. Menurut dia, pembahasan koalisi pendukung Anies Baswedan itu masih intensif dibicarakan antara ketiga partai. 

"Masyarakat memang ingin secepatnya koalisi ini dideklarasikan. Memang sudah tak sabar lagi masyarakat menyongsong perubahan di 2024 dan representasi perubahan memang hanya ada pada koalisi ini," ujar Herzaky. 

Sebelumnya menurut sumber Tempo, deklarasi bersama ini bakal dilakukan oleh NasDem, PKS, dan Demokrat pada akhir Januari atau awal Februari 2023. Deklarasi bersama ini diharapkan bakal makin menggenjot elektabilitas Anies Baswedan pada Pilpres 2024. 

[Sumber: TEMPO]